DKPP Gelar Sidang Pemeriksaan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu Bengkulu Utara

SPcom BENGKULU – Sidang perdana pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dalam perkara Nomor 104-PKE-DKPP/VIII/2023 dan 105-PKE-DKPP/VIII/2023, Diselenggarakan di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu Pada Jumat, 08 September 2023.

Sidang yang berlangsung pada pukul 09.00 WIB ini merupakan tahap krusial dalam menilai integritas pemilu di wilayah Bengkulu. Dalam dua perkara tersebut, pengadu adalah Septo Adinara untuk Nomor 104-PKE-DKPP/VIII/2023 dan MS. Firman untuk Nomor 105-PKE-DKPP/VIII/2023.

Sidang ini melibatkan beberapa pihak terkait yang terdiri dari Majelis yang beranggotakan:

  1. J. Kristiadi (Anggota Majelis)
  2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi (Anggota Majelis)
  3. Yunilisiah (Anggota Majelis TPD Provinsi Bengkulu Unsur Masyarakat)
  4. Emex Verzoni (Anggota Majelis TPD Provinsi Bengkulu Unsur KPU)
  5. Faham Syah (Anggota Majelis TPD Provinsi Bengkulu Unsur Bawaslu)

Pengadu dari kedua perkara ini mengklaim bahwa Teradu, Aris Silaswan, tidak memenuhi syarat sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara.

Hal ini berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu Pasal 21 Ayat 1 huruf (i), yang menyatakan bahwa syarat menjadi penyelenggara pemilu adalah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya lima tahun pada saat mendaftar sebagai calon penyelenggara pemilu.

Sementara itu, Aris Silaswan tercatat sebagai Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan DPD Partai Golkar Kabupaten Bengkulu Utara pada masa bakti 2016-2021.

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu Nomor KEP-06/A.1/DPD/GOL-BKL/V/2018 yang tertanggal 3 Mei 2018.

Dengan dasar aduan ini, sidang pemeriksaan KEPP ini bertujuan untuk mengkaji apakah Aris Silaswan memenuhi syarat sebagai Anggota KPU Kabupaten Bengkulu Utara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hasil sidang ini diharapkan akan memberikan arah yang jelas terkait pelanggaran etik yang mungkin terjadi dan konsekuensinya terhadap Teradu, Aris Silaswan, jika terbukti melanggar KEPP.

Masyarakat Bengkulu Utara sangat menantikan hasil sidang ini, karena keberhasilan dalam menegakkan integritas dan transparansi proses pemilu akan berdampak positif pada pemilu yang bersih dan berintegritas di masa depan.

Diharapkan sidang tersebut dapat berjalan dengan adil dan memberikan kejelasan bagi masyarakat Bengkulu Utara terkait pelaksanaan pemilu yang bersih dan berintegritas. (SP)

BengkuluDKPPKode EtikPemiluSidang
Comments (0)
Add Comment