Menpora RI Gelar Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan Pertama Kali Hari Ini

SPcom JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 hari ini, Jumat (8/9).

Rakornas ini merupakan pertama kalinya digelar oleh Menpora RI. Menpora RI menaruh harapan atas digelarnya Rakornas ini.

Dito mengatakan tujuan diadakannya rakornas ini untuk menciptakan pembangunan pemuda yang tangguh dan mengawal ekosistem keolahragaan Indonesia agar menjadi lebih maju.

“Ini Rakornas perdana pemuda dan olahraga, jadi kita usahakan ini menjadi gebrakan dan juga ada follow up yang baik dari daerah. Saya juga memberikan undangan kepada seluruh stakeholder kepemudaan untuk berkolaborasi baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ujarnya

Rencananya, Rakor Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 akan secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Muhadjir Effendy.

Rakor Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2003 yang mengusung tema ‘Pemuda Tangguh, olahraga Maju’ ini menjadi bagian dari puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023 yang diperingati pada 9 September setiap tahunnya.

Rakornas ini akan membahas berbagai isu strategis yakni sosialisasi dan pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan.

Bukan hanya itu, di Rakornas juga akan membahas terkait peningkataan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) secara nasional, juga isu-isu terkini soal perkembangan pembangunan kepemudaan dan keolahragaan.

Rangkaian acara pembukaan Rakornas akan disertai dengan prosesi peluncuran laporan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 dan pemberian penghargaan kepada provinsi dengan IPP tertinggi.

Kemudian, saat acara pembukaan Rakornas juga akan dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesian (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Selain itu juga penandatanganan komitmen bersama juga dilakukan Kemenpora RI bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentang pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan. (SP)

dito ariotedjoMenpora RIOlahragaPemudaRakornas
Comments (0)
Add Comment