Viral Prabowo VS Anies, Salahkan Angin Atas Polusi Jakarta

SPcom JAKARTA – Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menyindir calon presiden 1 Anies Baswedan soal penanganan polusi di DKI Jakarta. Hal itu viral di media sosial karena Prabowo sebut Anies menyalahkan angin.

Awalnya, Prabowo bertanya soal penanganan polusi di DKI Jakarta. Dia menyebut, bahwa Anies saat memimpin seringkali Jakarta menerima indeks polusi tertinggi di dunia.

“Bagaimana anggaran 80 triliun (rupiah) tidak dapat berbuah yang berarti untuk kurangi polusi?” kata Prabowo dalam debat pertama Pilpres 2024, Selasa (12/12/23).

Anies pun menjawab dengan menjabarkan bahwa angin di wilayah DKI Jakarta tak bisa dikontrol. Dia mengingatkan bahwa polusi udara tak punya KTP.

“Polusi udara tak punya KTP, angin tak ada KTP, bergerak dari sana sini, ketika polutan muncul dari PLTU mengalir ke Jakarta karena Jakarta punya indikator. Ketika angin bergerak ke arah Sumatera laut Jawa, di sana tidak ada alat monitor maka tidak muncul,” paparnya.

Respon Anies pun disanggah oleh Prabowo dengan menyebut kalau Anies hanya menyalahkan angin. Menurutnya, Anies tak memiliki penyelesaian yang konkret terkait masalah polusi udara.

“Ya susah kalau kita salahkan angin,” kata Prabowo disambut tawa para pendukungnya.

“Jadi saya bertanya, dengan anggaran begitu besar, langkah yang bisa dilakukan dalam 5 tahun mengurangi polusi di mana rakyat Jakarta sakit pernafasan. Kalau kita salahkan angin, hujan dan sebagainya mungkin tidak perlu ada pemerintahan kalau gitu,” respon Prabowo.

Pada debat pertama ini, Anies dan Prabowo tampak saling serang. Momen itu pun mencuat ketika Anies menyinggung masalah demokrasi yang diklaimnya tak berjalan. (SP)

AnginAnies BaswedanDebat capresPolusi jakartaPolusi udaraPrabowo Subiantoviral
Comments (0)
Add Comment