Debat Cawapres, Gibran Janjikan 5 Juta ‘Green Jobs’ untuk Anak Muda

SPcom JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming memaparkan visi dan misinya salah satunya, dengan menyediakan 19 juta lapangan kerja baru yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda dan perempuan.

Dari jumlah itu, sebanyak 5 juta lapangan kerja merupakan di sektor energi terbarukan atau green jobs.

“Green jobs ini adalah peluang kerja di bidang pelestarian lingkungan. Green jobs ini adalah tren peluang kerja masa kini dan masa depan,” ujar Gibran saat memaparkan visi dan misi dalam debat keempat di JCC, Jakarat, Minggu (21/1/2024).

Gibran menjelaskan, alasan menyediakan 5 juta lapangan kerja green jobs karena persoalan lingkungan dan perubahan iklim tidak bisa dilepaskan dari upaya untuk mendorong energi baru guna mencapai target Net Zero Emission pada 2060 atau lebih cepat.

Menurut Gibran, pemerintah di masa yang akan datang harus berkomitmen dalam mengurangi ketergantungan kepada energi fosil.

Untuk itu, dia mengatakan cara mengurangi ketergantungan pada energi fosil bisa dilakukan dengan beralih ke energi hijau seperti bioavtur, biodiesel dan bioetanol.

Adapun yang sudah dilakukan pemerintah saat ini meliputi B35 dan B40.

“Indonesia saat ini juga memiliki potensi energi baru terbarukan yang besar. Potensi itu mencakup energi surya, angin, air, bio energi dan juga panas bumi,” ujarnya.

Menurut Gibran, hilirisasi harus diciptakan dari berbagai sektor sehingga bisa bermanfaat dalam jangka panjang karena akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Sama halnya pemanfataan energi hijau juga bisa menyediakan lapangan kerja baru.

Cawapres nomor urut 2Debat Cawapres 2024Gibran RakabumingPrabowo-Gibran
Comments (0)
Add Comment