Situs ‘Eyang Dalam’ Diselimuti Hawa Metafisika yang Kuat

Eyang Dalem Cageur memang bukan tokoh biasa. Eksistensinya berkait sangat erat, dengan sejarah Kabupaten kuningan

SPcom JAKARTA – Melancong ke Kuningan, Jawa Barat, nikmati suasana yang sama sekali berbeda. Bergeraklah ke sisi Selatan, akan menemukan kawasan hijau yang tidak sekedar nyaman, namun sekaligus terasa religius. Tepat di Desa Cageur, yang masuk Kecamatan Darma, ada sebuah situs kuno yang dikenal sebagai Makam Eyang Dalem.  Beliau merupakan seorang wali penyebar Agama Islam, sekaligus utusan Kasultanan Cirebon, di era Sunan Gunung Jati.

Memasuki kawasan rimbun tempat Eyang Dalem bersemayam, memang ada suasana yang tidak biasa. Ada hawa metafisika yang kuat. Bagi masyarakat sekitar, Eyang Dalem memang legenda yang membanggakan. Selain sebagai penyebar Islam, sosoknya juga sangat penting dalam sejarah Kabupatene Kuningan. Cerita tutur mengisahkan, Eyang Dalem berasal dari Cirebon atau resminya sebagai utusan Kasultan Cirebon, untuk melakukan Syiar Islam, di kawasan ini.

Banyak cerita tentang Eyang Dalem, yang mashyur di tengah masyarakat, selain sosok wali penyebar Islam. Kawasan ini juga dipercaya sebagai hunian besar para santri, lengkap dengan infrastruktur yang khas pesantren di masa lampau. Dan semua yang ada di situs ini, terjaga dengan baik, sehingga keasliannya masih bisa dilihat. Termasuk lumut yang bagai gelaran karpet Hijau.

Berada di situs utama terdapat beberapa pusara, yang dihampari bebatuan.Sejumlah nama yang erat kaitannya dengan Eyang Dalam, ada di sana. Termasuk Eyang Damarwulan serta ibundanya. Sementara pusara Eyang dalam Cageur, berada di tempat yang agak terpisah, seolah menjadi pusat kekuatan mistik di tempat keramat itu. Tidak hanya Pusara Eyang Dalem Cageur yang memancar kekuatan metafisika.

Sebab ada petilasan Prabu Siliwangi,  yang juga sangat mistik. Petilasan itu bahkan jauh lebih tua, karena sudah ada, sebelum kedatangan Eyang Dalem. Yang menjadi cikal-bakal masyarakat di sekitarnya. Seperti petilasan lain, yang menyebar di banyak tempat di Jawa Barat, petilasan Prabu Siliwangi juga sering diziarahi para penjelajah spiritual.

Eyang Dalem Cageur memang bukan tokoh biasa. Eksistensinya berkait sangat erat, dengan sejarah Kabupaten kuningan. Inilah penyebar Agama islam yang diutus Kasultanan Cirebon untuk melakukan syiar di kuningan, sampai menjadi cikal bakal, sebagian masyarakat Kuningan. Keramat dan diberi hormat hingga saat ini. (SP)

eyang dalamKuninganSitus
Comments (0)
Add Comment