Misteri Umbi Banah, Umbi Gaib yang Tidak Sembarang orang Bisa menemukannya

Kekuatannya yang mampu mendatangkan kekebalan, membuat Umbi Banah dicari orang

SPcom JAKARTA – Inilah kisah Umbi Banah, Umbi Gaib yang tidak sembarangan orang bisa menemukannya. Diyakini bisa mendatangkan kekebalan tubuh bagi siapa yang memakannya. Penelusuran pencarian Umbi Gaib ini harus menembus belukar liar. Pada sebuah sudut, Pohon banah ditemukan di antara semak.  Batangnya yang berpagar duri, memberi pertanda paling nyata.

Usaha menemukan Umbi Banah gagal. Ya, bukan hanya susah, tapi juga lelah. Sebab, hingga melingkari tanah di sekitaran pangkal Pohon Banah, tak terlihat ada tanda-tanda untuk menemukan Umbi Ajaib itu. Menemukan Umbi Banah, nyatalah tidak bisa sembarangan.

Hanya mereka yang mendapatkan pawisik bisa mengetahui  Pohon Banah mana  yang menyimpan Umbi Gaib. Inilah umbi yang bagi masyarakat Adat Desa Akah, dianggap sacral. Banyak manfaat bahkan secara ajaib, jika memakan Umbi Banah bisa mendatangkan kekebalan.

Begitulah. Umbi Banah ialah tanaman keramat, yang tidak bisa ditemukan di setiap tempat. Tidak bisa sengaja dicari, karena dibutuhkan kekuatan gaib, untuk meneropong Pohon Banah yang berbuah Umbi. Kekuatannya yang mampu mendatangkan kekebalan, membuat Umbi Banah dicari orang. Tapi, memang tidak semua yang menginginkan bisa menemukannya.

Jero Mangku Nyoman Candra, juru kunci Goa Panji Landung, di Desa Akah,  Kabupaten kklungkung, Bali berkisah, berburu Umbi Banah butuh kekuatan batin. Secara kebetulan, ia tadi ditunjukan Pohon Banah, yang menyimpan Umbi keramat itu. Menurutnya, jika tidak ada petunjuk gaib, mustahil bisa menemukan Umbi Banah,  yang penuh barokah.

Masyarakat Desa Akah, Kabupaten Klungkung sangat yakin, Umbi gaib dari Pohon Banah hanya bisa ditemukan oleh orang-orang tertentu. Kekuatan yang tersimpan di dalam Umbi ajaib ini, juga tidak sembarangan. Seekor Babi hutan sekalipun, akan kebal dari senjata para pemburu, jika memakan Umbi Banah.

Dari Umbi gaib ini pula, konon lahirnya legenda Pusaka Rante Babi, yang legendaries. Toh, segala yang ganjil dari Umbi Banah, pada akhirnya bisa dikuak. Tidak mudah memang. Sebab dibutuhkan kemampuan spiritual yang tinggi, selain hati yang bersih. Sselain itu Umbi Banah nyatalah, Umbi gaib yang ajaib,  yang  menjadi bagian dari kesakralan Goa Panji Landung di Kabupaten Klungkung,. (SP)

Baliumbi banah
Comments (0)
Add Comment