Dua Perwira TNI AL Lulus  Sertifikasi CRF Australia

Dua perwira TNI AL lulusan kursus CRF, nantinya mampu menjadi koordinator dalam pelaksanaan submarine rescue operations


SPcom JAKARTA – Dua perwira TNI AL dari Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II berhasil mendapatkan sertifikasi kursus Coordinator of Rescue Forces (CRF) yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Australia di Garden Island, Jumat (2/8). Adapun kedua perwira TNI AL yang terdiri dari Komandan KRI Alugoro-405 Letkol Laut (P) Moh Akbar dan perwira staf operasi Satuan Kapal Selam Koarmada II Mayor Laut (P) Asrul Arasad, mengikuti kursus CRF selama dua pekan.

“Kursus CRF dilaksanakan mulai 21 Juli-3 Agustus, diperuntukkan bagi perwakilan perwira kapal selam angkatan laut dari Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Vietnam,” ujar Kadispenal I Made Wira Hady Arsanta dalam keterangannya, dikutip di Jakarta, Minggu (4/8).

Wira menjelaskan, dalam kursus CRF peserta kursus diberikan gambaran, pelajaran dan latihan tentang pelaksanaa. perencanaan, organisasi, mobilisasi. “Serta menggunakan segala aset yang ada di negara sendiri maupun kawasan internasional untuk digunakan dalam menyelamatkan kapal selam yang sedang mengalami kedaruratan,” jelasnya, seperti  dilansir Indonesiadefense.com.

Dia menyampaikan, dua perwira TNI AL yang lulusan kursus CRF mampu menjadi koordinator dalam pelaksanaan submarine rescue operations. “Mereka bertanggung jawab untuk memberikan saran dan masukan metode penyelamatan kepada Submarine Search and Rescue Autority (SSRA) terkait dengan perkembangan dalam submarine rescue operations,” kata Wira.

Sebelumnya, kursus tersebut dibuka oleh CDRE Tom Philips sebagai Comsub Royal Australian Navy Force dan ditutup oleh Captain Richard Lindsey yang menjabat sebagai Director Australian Submarine Command Course. (SP)

crf australialulusPerwirasertifikasiTNI AL
Comments (0)
Add Comment