Bakesbangpol Kota Depok Gandeng PWI dan IJTI Sukseskan Pilkada 2024

SPcom DEPOK – Bakesbangpol Kota Depok menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan juga Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) untuk menyukseskan Pilkada 2024.

Hal ini diungkapkan Kepala Bakesbangpol Kota Depok, Lienda Ratna Nurdianny, saat gelaran FGD bertema “Optimalisasi Peran Jurnalis Dalam Sosialisasi, Edukasi dan Literasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Depok”, Senin (26/8/2024).

“Seluruh komponen bangsa perlu menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan tahapan Pilkada. Pers atau media massa termasuk di dalamnya, yang bahkan memiliki peran vital dan strategis dalam kerangka penyuksesan Pilkada,” kata Lienda.

Peran penting kalangan jurnalis tersebut, menurut Lienda, harus diwujudkan melalui pemberitaan akurat, berimbang, dan tanpa hoax atas seluruh pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

Pemberitaan dari media diharap membantu terwujudnya terciptanya suasana kondusif, aman, damai, tertib, dan lancar. Pemkot Depok juga berharap masyarakat ikut aktif mengawasi pelaksanaan Pilkada 2024.

“Bakesbangpol menyambut antusias Surat Edaran Mendagri yang meminta agar PWI dan IJTI sebagai konstituen Dewan Pers dilibatkan dalam program sosialisasi dan pencerdasan pemilih untuk sukses Pilkada di Kota Depok 2024,” ungkapnya.

Lienda menegaskan, pemberitaan media massa yang bertanggung jawab dan profesional sangat menentukan dalam mewujudkan Pilkada yang “menyenangkan”.

“Ujung kerja sama jajaran Pemkot, instansi pelaksana Pilkada, dengan teman-teman pers diharap meningkatkan angka partisipasi pemilih di atas 80 persen dan legitimasi hasil Pilkada di Kota Depok tinggi,” tuturnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Depok Raden Gandara Budiana. Dengan narasumber Ketua KPU Kota Depok Willi Sumarlin, Ketua Bawaslu Kota Depok M. Fathul Arif, dan Dekan Fisip UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto.

FGD diikuti 100 jurnalis anggota PWI dan IJTI Kota Depok. Forum diskusi ini membahas topik khusus seputar “Rumusan topik-topik pemberitaan yang mendorong pemilih memanfaatkan hak pilihnya pada Pilkada Kota Depok 2024”.(Wahyu)

DepokPilkada 2024PWIWartawan
Comments (0)
Add Comment