Candi Prambanan & Mitos Cahaya Misterius Arca Dewi Durga

Cahaya misterius tersebut muncul di bagian wajah arca Dewi Durga. Cahaya itu selalu muncut pada setiap malam, saat bulan purnama

SPcom JAKARTA – Candi Prambanan yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, sering juga disebut dengan istilah Candi Roro Jonggrang. Sebutan tersebut didapat dari cerita asal muasal candi ini dibangun. Candi Prambanan ini adalah kompleks candi Hindu yang paling besar di Indonesia. Candi Prambanan sangat terkenal karena keindahan arsitekturnya yang spektakuler serta telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Dibangun pada abad ke-9 Masehi, candi ini memiliki relief-relief yang sangat indah dan merupakan contoh penting dari seni dan arsitektur Hindu di Indonesia. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan Yogyakarta membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia dan seringkali dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Candi Prambanan memang memiliki banyak cerita dan mitos mistis yang melekat pada sejarahnya.

Di area Candi Prambanan terdapat Arca Dewi Durga yang konon memancarkan cahaya saat bulan purnama, diyakini dapat mempertemukan seseorang dengan jodohnya yang sejati. Arca Dewi Durga adalah bangunan yang terletak pada salah satu ruangan. Ruangan tersebut berada di dalam candi utama, yaitu Candi Siwa. Dalam kepercayaan Hibdu, Dewi Durga adalah istri dari Dewa Siwa.

Sesuatu yang paling aneh di dalam acara ini adalah adanya cahaya misterius. Cahaya misterius tersebut muncul di bagian wajah arca Dewi Durga. Cahaya tersebut selalu muncut pada setiap malam, saat bulan purnama. Menurut masyarakat sekitar, cahaya tersebut adalah perwujudan dari aura Roro Jonggrang. Konon, setiap cahaya itu mulai muncul, para masyarakat yang belum memiliki pasangan berlomba-lomba untuk berlibur supaya mendapatkan pancaran cahaya itu.

Ya, diyakini, jika cahaya yang berasal dari arca Dewi Durga memiliki kekuata yang  dapat mempertemukan mereka pada jodohnya, dengan cepat. Selain itu, candi Prambanan juga dikenal dengan mitos  putusnya hubungan sepasang kekasih. Mitos tersebut muncul dari legenda Candi Prambanan, yaitu kandasnya cinta Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang.

Meskipun terkenal kejam, tetapi Bandung Bondowoso memiliki cinta yang tulus untuk Roro Jonggrang.  Sayangnya cinta tersebut ditolak oleh Roro Jonggrang. Padahal Bandung Bondowoso sudah menyanggupi pembangunan 1000 candi dalam satu malam yang diminta Roro Jonggrang.

Akan tetapi, Roro Jonggrang justru mengkhianati janjinya. Ia berlaku curang, sehingga usaha Bandung Bondowoso gagal.

Atas kejadian itu, Roro Jonggrang dikutuk menjadi candi oleh Bandung Bondowoso. Saat ini, kutukan tersebut dipercaya ada di dalam Candi Prambanan. Mitosnya, siapapun sepasang kekasih yang masuk ke dalam Candi Prambanan, maka cintanya akan kandas dalam beberapa hari kemudian. (SP)

arcacahayacandi prambanandewi durgamitos
Comments (0)
Add Comment