Kampung ‘Vietnam’ Sarat Dengan Kisah Horor

Segelintir penghuni tahu konsekuensi menempati kampung tersebut. Salah satunya hidup bersama dengan makhluk-makhluk tak kasat mata

SPcom JAKARTA –  Di antara hiruk pikuk Jakarta, ada satu wilayah yang sangat sunyi. Saking sepinya, warga menjulukinya kampung mati. Namanya Kampung Vietnam. Disebut begitu karena pada 1970-an, wilayah itu ditempati warga Vietnam yang mengungsi akibat perang di negaranya.

Kampung Vietnam terletak di wilayah Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Di lahan yang kini menjadi milik Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta itu, pernah berdiri kompleks pengungsi asal Vietnam.Kini, Kampung Vietnam sudah tidak lagi ditempati oleh warga keturunan Vietnam. Yang tersisa di sana hanya beberapa warga Jakarta.

 Selain berstatus milik pemerintah, lahan puluhan hektare tersebut sangat rawan banjir. Karena itu, tidak ada yang kerasan tinggal di sana. Tidak banyak yang tersisa dari kompleks tersebut. Sebagian besar bangunan di sana sudah hancur. Tidak seperti kebanyakan tempat di Jakarta, Kampung Vietnam sangat sunyi. Meski siang, kampung itu tetap saja sepi.

Sunyi dan sepinya Kampung Vietnam tambah terasa bila hari sudah gelap. Karena hanya sedikit yang tinggal di sana, saat malam Kampung Vietnam tampak lebih gelap dari permukiman lainnya. Segelintir penghuni tahu konsekuensi menempati kampung tersebut. Salah satunya hidup bersama dengan makhluk-makhluk tak kasat mata.

Cerita mistis mengenai Kampung Vietnam sudah jadi hal biasa bagi warga sekitar. Mereka sering mendengar kisah-kisah horor dari kampung itu. Mulai penampakan dalam aneka wujud, bunyi dan suara-suara janggal, hingga kejadian-kejadian yang lebih sering tidak masuk akal. Selain tidak berbentuk, banyak bangunan di sana yang diselimuti tanaman liar. Tidak sulit membayangkan betapa seramnya kampung itu saat mala. (SP)

kampungkramatjatiMisteriseramvietnam.
Comments (0)
Add Comment