Sukses Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Pelestarian Budaya Sultra, Andap Budhi Raih Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia 2024

SPcom JAKARTA – PT Tempo Media Group, memberikan penghargaan “Apresiasi Tokoh Indonesia 2024” dalam kategori pariwisata dan pelestarian budaya, kepada Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto. Penghargaan ini diserahkan oleh Direktur PT Tempo Inti Media, Meiky Sofyansyah, kepada Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, H. Belli, yang mewakili Andap Budhi dalam acara yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta pada Selasa, 10 September 2024.

H. Belli, yang mewakili Pj Gubernur yang sedang menghadiri acara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024, mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen Pemprov Sultra di bawah kepemimpinan Andap Budhi dalam memajukan sektor pariwisata dan pelestarian budaya.

“Alhamdulillah, beliau dianugerahi sebagai Tokoh Nasional 2024 dari Tempo Group karena berhasil meningkatkan citra dan jumlah pengunjung pariwisata serta mendukung pengembangan desa wisata melalui Perda tentang Sistem Pemerintahan Daerah Berbasis Data Presisi,” ujar Belli.

Lebih lanjut, Belli menjelaskan bahwa Andap Budhi juga telah mendaftarkan kekayaan intelektual komunal Sultra ke Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham dan melaksanakan program revitalisasi sembilan bahasa daerah yang terancam punah.

“Ini menunjukkan komitmen Beliau dalam melestarikan budaya di Sultra,” tambahnya.

Menurut Belli, proses penilaian penghargaan oleh Tempo Group sangat objektif, menggunakan data dari lebih 22 ribu media, serta melibatkan ahli dan akademisi terkemuka.

Tempo Group memonitor lebih dari 4 juta data dari awal 2024 hingga Agustus 2024, kemudian menganalisis sentimen dan memastikan akurasi data melalui berbagai sumber.

Plt Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

“Apresiasi kepada Tempo Group yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan ini penting untuk memberikan pengakuan terhadap para kepala daerah yang telah berkontribusi nyata kepada bangsa dan masyarakat,” ungkap Tomsi.

Dalam pernyataannya kepada awak media, Pj Gubernur Andap Budhi menyampaikan terima kasih kepada Tempo Group dan seluruh pihak yang mendukungnya.

“Alhamdulillah, terima kasih atas apresiasi ini. Penghargaan ini memacu motivasi saya untuk bekerja lebih baik lagi. Saya juga ucapkan terima kasih kepada masyarakat Sultra, insan pers, dan Jajaran Dinas Pariwisata atas dukungan dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata dan pelestarian budaya,” tutupnya. (SP)

Andap BudhiPenghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia 2024Sultra
Comments (0)
Add Comment