INW Nilai Kinerja Aparatur Lapas Masih Lemah

SPcom JAKARTA – Indonesia Narcotic Watch (INW) menyoroti kinerja aparatur di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang terkesan masih sangat lemah dalam melakukan pengawasan terhadap para narapidana, khusus terpidana kasus narkoba.

Contoh terbaru adalah pengungkapan Direktorat Tindak Pidana (Dittipid) Narkoba Bareskrim Polri berhasil menyita aset dan uang yang diduga hasil transaksi narkoba sebesar Rp 221 milyar dari seorang terpidana narkoba bernama Hendra Sabarudin. 

Diduga kuat terpidana Hendra Sabarudi yang mendekam di Lapas Tarakan Kelas IIA ini, masih leluasa mengendalikan bisnis narkoba dan pencucian uang dari dalam lapas.

Direktur Eksekutif INW Budi Tanjung mengungkapkan kekhawatirannya terhadap fenomena lapas yang justru kian menjadi safe heaven bagi jaringan dan peredaran narkoba. Hendra misalnya, masih mengendalikan bisnis narkoba dan aksi pencucian uang saat dihukum penjara di Lapas Tarakan, Kalimantan Utara. 

“Lapas justru menjadi tempat yang paling aman untuk mengendalikan bisnis narkoba serta tempat paling aman untuk bertransaksi dan bahkan menggunakan narkoba,” kata Budi.

Budi meminta perhatian dari Supratman Andi Agtas, Menteri Hukum dan HAM yang baru, untuk memperbaiki kondisi Lapas. Selain banyaknya kasus narkoba yang terungkap dari dalam Lapas, Budi mendesak Menkumham untuk memperbaiki situasi overcrowded-nya Lapas di Indonesia.

KriminalitasNarkoba
Comments (0)
Add Comment