Awas! Operasi Patuh 2020 Dimulai 23 Juli

Dalam pelaksanaannya Korlantas Polri mendahulukan sosialisasi sebelum penindakan

Awas! Operasi Patuh 2020 Dimulai 23 Juli
Ilustrasi razia kendaraan oleh Polisi

JAKARTA - Polri akan menggelar Operasi Patuh 2020 mulai 23 Juli-5 Agustus. Razia kali ini akan mengutamakan langkah pencegahan dan sosialisasi sebelum penindakan.

"Langkah-langkah represif penegakkan hukum itu belakangan. Tapi kedisiplinan masyarakat ini jadi utama," ungkap Irjen Pol Istiono, Kakorlantas Polri, Rabu (15/7/2020).

Menurut Istiono, dengan adanya kenormalan baru, masyarakat harusnya bisa lebih disiplin. Seperti kegiatan-kegiatan yang menimbulkan antrean.

Pihak Korlantas pun dalam penindakan nanti dilakukan secara tematik. Sosialisasi kini terus dilakukan agar pengendara yang telah melakukan pelanggaran lalu, bisa memperbaikinya.

"Misalnya kalau di Jakarta banyak yang melawan arus, itu saja yang kita tindak nanti. Kita sudah umumkan dari sekarang. Kalau masih bandel kita umumkan seminggu ini, ya kita tindak. Kan kita udah warning," tegasnya.

Pelanggaran di Jakarta tersebut kemungkinan tidak dilakukan di wilayah lain. Tetapi seperti pelanggaran tidak menggunakan helm ataupun melanggar rambu serta marka jalan. Prosesnya tetap sosialisasi lebih dahulu baru penindakan.(Sp)