Bill Gates Kucurkan Dana untuk Produksi Vaksin Corona

Dana USD 750 Juta Dikucurkan untuk Calon Vaksin Corona Universitas Oxford

Bill Gates Kucurkan Dana untuk Produksi Vaksin Corona
Ilustrasi

INGGRIS - Bill Gates memberikan bantuan dana triliunan rupiah untuk produksi calon vaksin Corona buatan Universitas Oxford, Inggris. Dengan dana sebesar USD 750 juta (Rp 10,5 triliun), bisa memproduksi dua miliar dosis vaksin.

Diberitakan Business Insider saat dilihat Minggu (7/6/2020) perusahaan farmasi AstraZeneca yang akan memproduksi vaksin COVID-19 buatan Universitas Oxford, menandatangani kesepakatan baru untuk mendorong produksinya. Kerja sama ini adalah dengan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dan Gavi Vaccine Alliance.

CEPI dan Gavi didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation dan didukung WHO. CEPI dan Gavi mendukung dana sebesar USD 750 juta (Rp 10,5 triliun) untuk memproduksi, pengadaan dan distribusi 300 juta dari 2 miliar dosis yang ada.

AstraZeneca juga membuat partnership lisensi dengan Serum Institute of India (SII). Mereka akan membuat satu miliar vaksin Corona untuk negara miskin dan menengah. Meskipun uji coba masih berlangsung, menurut BBC, AstraZeneca sudah mulai memproduksi satu miliar dosis bulan lalu.

Kalau lolos uji klinik, vaksin siap diedarkan bulan September untuk memberantas virus Corona. "Kami bekerja tanpa lelah untuk menghargai komitmen dan memastikan akses yang luas terhadap vaksin Oxford tersedia di seluruh dunia dan tanpa keuntungan," ungkap CEO AstraZeneca Pascal Soriot.

Vaksin ini namanya sekarang adalah AZD1222, nama asli yang diberikan Universitas Oxford adalah ChAdOx1. Fase II//III lagi diuji pada 10.000 orang dewasa di Inggris. Hasil uji vaksin diperkirakan bisa dipublikasi pada Agustus mendatang.(Sp)