BNPP Banten Gagalkan Pengiriman 298 Kg Ganja

Ganja dibawa dengan truk pembawa buah alpukat

BNPP Banten Gagalkan Pengiriman 298 Kg Ganja
BNPP Banten rilis penangkapan kurir ganja dari Aceh

SERANG – BNN Provinsi Banten menggagalkan penyelundupan ganja kering seberat 298 Kg asal Aceh di kawasan Merak. Rencananya ganja yang dibawa dengan truk itu akan diedarkan di Jakarta.

Kepala BNNP Banten, Brigjen Pol Tantan Sulistiyana mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi sebelumnya ada pengiriman ratusan kilogram ganja dari Aceh melalui jalur darat. 

"Barangnya dari Aceh akan dikirimkan ke Jakarta," ujarnya saat konferensi pers, di halaman kantor BNNP Banten, Kota Serang, Kamis (2/7/2020).

Menurut Tantan, ganja dibawa dengan truk berisi buah-buahan oleh GS (27) dan NP (26). Untuk mengelabui petugas, ganja ditumpuk di bawah buah alpukat.

"Mereka dijanjikan akan diberikan upah kalau sudah lewat Banten, sekitar Rp 25 juta," ucapnya.

Selain kasus ganja, pihak BNNP Banten juga menangkap kurir sabu di Bandara Soekarno Hatta dengan barang bukti 989,7 gram.  MD (21) dan SH (24) ditangkap setelah kedapatan membawa sabu dari penerbangan Medan.

"Jadi sabu berasal dari Medan transit di Bandara Soeta yang akan digeser ke Sulawesi. Motif pelaku yang sabu, mereka sembunyikan di sepatu para tersangka," jelasnya.

Akibat perbuatanya mereka terancam Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 111 ayat 2 Jo pasal 132 ayat 1 UU Tentang Narkotika dengan ancaman penjara selama 20 tahun atau seumur hidup. “Saat ini jaringan ini sedang kita kembangkan. Tentunya kasus ini tidak berhenti diungkap kasus hari ini,” tandasnya. (Pam)