Brigrif Mekanis 1 PIK/JS Kerahkan Ranpur Anoa Dalam Latbakjatrat 2020

Senjata yang digunakan SM5 dan SM2 dengan jarak efektif tembak 700 meter

Brigrif Mekanis 1 PIK/JS Kerahkan Ranpur Anoa Dalam Latbakjatrat 2020
Senjata SM-5 dan SM-2 ditembakan dari atas Ranpur Anoa. (Dar)

BANDUNG - Jajaran Brigif Mekanis 1 PIK/JS melakukan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Cipatat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/9/2020).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Brigif Mekanis 1 PIK/JS, Letkol Inf Bayu Jagat. Kendaraan tempur (Ranpur) Anoa produksi PT Pindad diuji coba dalam medan yang ada di lokasi latihan.

"Jadi senjata SM5 kaliber 12,7 mm dan SM2 kaliber 7,62 mm buatan PT Pindad yang melekat di ranpur. Kita melatih prajurit penembak dan asisten yang membantunya," ujar Bayu, di lokasi.

Ranpur Anoa adalah generasi pertama kendaraan tempur dari PT Pindad yang memiliki keunggulan dalam mobilitas, proteksi serta daya angkut. Anoa 6x6 APC memiliki rasio daya berat 25 HP/ton, serta dilengkapi dengan sistem komunikasi dan transmisi otomatis. Anoa memiliki top speed 80 km/jam pada jalan raya dengan daya jelajah 600 kilometer.

"Sementara untuk senjatanya sendiri memiliki efektifitas ketepatan target hingga 700 meter. Senjata ini bisa menghancurkan ranpur lapis baja musuh," terangnya.

Peserta latihan selain dari prajurit Mako Brigif Mekanis 1 PIK/JS, juga ada dari Yonif Mekanis 201, 202 dan 203, dengan jumlah total 100 prajurit.

"Dengan latihan secara berkala, bisa meningkatkan kemampuan dari para prajurit dan tetap siap dengan segala kondisi penugasan," tandasnya.(Sp)