Dankodiklatad Bantu Sembako dan Air Bersih dalam Baksos di Kodam XII/Tpr

Data penerima dari Babinsa agar tepat sasaran

Dankodiklatad Bantu Sembako dan Air Bersih dalam Baksos di Kodam XII/Tpr
Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto bersama rombongan di Pontianak

*Dankodiklatad Bantu Sembako dan Air Bersih dalam rangka Bhakti Sosial di Kodam XII/Tpr*

PONTIANAK - Kodiklatad melaksanakan kegiatan Aswas Doktrin, Binevdik, Bin Gadik/Gapendik, Aswaslat dan pengkajian pemrograman latihan satuan TNI AD TA 2020 ke Rindam Xll/Tanjungpura.

Di sela-sela kunjungan kerja ini Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, bersama dengan Kodam XII/Tpr dan komunitas Indonesian Offroad Federation (IOF) Pengda Kalimantan Barat melaksanakan bhakti sosial di lapangan Debu, Siantan, Pontianak Utara pada Sabtu (19/9/20).

Dalam sambutannya, Putranto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam XII/Tpr beserta jajarannya, serta  IOF Pengda Kalbar yang telah bersama-sama dengan Kodiklatad berkolaborasi untuk berbagi dengan masyarakat.

"Kita memberikan bantuan berupa pembangunan MCK dan sumur bor untuk air bersih, yaitu di Desa Rasau Jaya I, Kecamatan Rasau, Kubu Raya, untuk 500 KK atau hampir 1.500 jiwa. Selama ini masyarakat mengandalkan air parit untuk MCK, untuk minum atau memasak dari air tampungan hujan, Insyaallah berkat bantuan ini masyarakat bisa mendapatkan air bersih," katanya.

Selanjutnya dibagikan pula 200 paket sembako yang diperuntukan bagi masyarakat sekitar Kota Pontianak. Data penerima didapat dari para Babinsa Kodam XII/Tpr.

"Sehingga kita memberikanya tepat sasaran. Ini yang kita lakukan dimanapun kegiatan-kegiatan baik dari Kodiklatad maupun IOF Peduli," ucapnya.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Dankodiklatad yang juga selaku Ketua Dewan Pembina IOF Pengurus Pusat telah dapat memberikan bantuan untuk masyarakat di wilayah Kodam XII/Tpr. 

"Kegiatan ini sangat positif. Kita lihat bersama masyarakat juga antusias. Mudah-mudahan dari kegiatan Bhaksos ini terutama pembuatan sumur air bersih dapat dirasakan manfaatnya. Karena memang kita di Pontianak sangat kekurangan air bersih," ujar Pangdam.

Mengingat pentingnya pencegahan penyebaran pandemik Covid-19, Dankodiklatad beserta Pangdam terus mengimbau agar masyarakat melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan sesuai dengan anjuran pemerintah  dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Sedangkan Ketua IOF Pengda Kalbar, H.M.Tasdik menjelaskan bahwa kegiatan ini bentuk kepedulian IOF terhadap masyarakat Kalbar khususnya Pontianak. “IOF peduli akan selalu dilakukan dan kami siap bila ada masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya. 

Terlihat puluhan anggota komunitas turut menghadiri acara dengan menggunakan mobil offroad 4 x 4. Setelah kegiatan bhakti sosial, dilaksanakan kegiatan latihan bersama teknik mengemudi offroad  di Sirkuit Siantan  yang dilakukan oleh Dankodiklatad, Pangdam XII/Tpr, segenap tamu undangan serta komunitas IOF yang hadir.

Selanjutnya juga diadakan kegiatan pembentangan bendera merah putih sebagai perwujudan rasa persatuan dan kesatuan antara TNI – Polri beserta dengan komunitas 4 x 4, pemerintah daerah dan masyarakat.(Sp)