Ditemukan Manfaat Baru Minum Kopi, Apa Benar?

Para peneliti percaya bahwa kafein dapat meningkatkan neurotransmiter di otak

Ditemukan Manfaat Baru Minum Kopi, Apa Benar?
Secangkir kopi yang penuh manfaat

Berdasarkan penelitian terdahulu, kopi dapat menurunkan resiko diabetes, kanker hati, alzheimer dan kanker kulit. Tapi apa saja sih hasil dari studi terkini tentang manfaat kopi. Yuk simak ulasan berikut:

Orang-orang yang minum paling tidak satu cangkir kopi berkafein sehari dapat mengurangi resiko terserang sakit tenggorokan atau kanker mulut. Namun demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami kenapa pengurangan resiko bisa terjadi.

Para peneliti percaya bahwa kafein dapat meningkatkan neurotransmiter di otak, seperti serotonin, dopamin dan nonadrenalin yang bertindak sebagai antidepresan ringan. Data dari tiga studi besar yang melibatkan 200.000 orang dewasa ditemukan bahwa resiko bunuh diri pada orang dewasa yang minum 2-4 cangkir kopi berkafein per hari ialah setengah dari mereka yang minum kopi tanpa kafein atau tidak minum sama sekali.

Orang dewasa atau muda yang minum secangkir kopi berkafein meningkatkan aliran darah mereka dibandingkan dengan saat mereka minum kopi tanpa kafein. Para peneliti menduga bahwa kafein membuka pembuluh darah dan memiliki sifat anti-inflamasi (peradangan).