DPR RI: Kemenkeu Cairkan Anggaran Tambahan Pilkada 2020 Hari Senin

Ini merupakan pencairan tahap pertama dari tambahan anggaran yang diajukan KPU sebesar Rp 4,

DPR RI: Kemenkeu Cairkan Anggaran Tambahan Pilkada 2020 Hari Senin
Ilustrasi

JAKARTA - Anggaran tambahan untuk Pilkada 2020 tahap pertama sebesar Rp 1,02 triliun akan segera dicairkan oleh Kementerian Keuangan. Meskipun begitu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta hemat anggaran.

"Menteri Keuangan sudah mengatakan, tambahan anggaran sebesar Rp 1,02 triliun cari hari Senin (15/6/2020)," ujar Ketua Komisi II DPR DI, Ahmad Doli Kurnia, saat gelaran diskusi live online, Sabtu (13/6/2020).

Angka tersebut merupakan tahap pertama dari yang diajukan oleh KPU dalam rapat dengan pendapat (RDP) bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan DPR RI pada Kamis (11/6/2020). Dalam rapat tersebut KPU mengajukan 

Pada rapat dengar pendapat (RDP), KPU bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan DPR RI, Kamis lalu, KPU mengusulkan penambahan anggaran Pilkada sebesar Rp 4,7 triliun.

Sisanya, kebutuhan anggaran yang belum terpenuhi akan diputuskan setelah ada rekonsiliasi anggaran antara Kemendagri, Kemenkeu, KPU, Bawaslu, DKPP, dan Gugus Tugas Covid-19.

"Jadi sisanya menunggu proposal berikutnya dari KPU dan Bawaslu," tandasnya.(Sp)