Efek Buruk Film Kartun Pada Anak

efek buruk tontonan kebiasaan orangtua kesibukan pekerjaan

Efek Buruk Film Kartun Pada Anak
ilustrasi film kartun

Banyak orang tua yang meninggalkan anak-anak mereka menonton kartun sebagai teman makan atau pengalih dari kesibukan pekerjaan orang tua.

Tentu kegiatan ini sangat menyenangkan, tetapi jika sudah kecanduan, maka ceritanya bisa lain. Simak seberapa besar kartun memberikan efek pada anak berikut ini.

Perkembangan bahasa yang lamban


Banyak film kartun tidak menggunakan kosakata dan pelafalan yang tepat. Alih-alih mencoba untuk berbicara, anak malah membuat suara seperti karakter kartun yang mereka tonton.

Berefek buruk pada kesehatan mata

Menghabiskan banyak waktu di depan layar akan memengaruhi kesehatan penglihatan dikarenakan paparan cahaya terang dari komputer atau tablet yang berkelanjutan tidak baik untuk mata si kecil. 

Tidak cukup bergerak

Kecanduan kartun membuat anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam ruangan. Mereka tidak pernah tahu kegembiraan bermain di luar. Bermain di luar ruangan akan membantu mereka mengenal alam dan membuat anak aktif dan enerjik.

Kebiasaan makan yang jelek

Kecanduan kartun biasanya membentuk pola makan yang buruk. Anak jadi tidak mau makan tanpa didampingi kartun favorit. Kebiasaan seperti ini dapat berlanjut hingga anak dewasa.

Kekerasan

Adegan lucu di kartun bisa jadi merupakan adegan kekerasan dan anak Anda tidak menyadarinya. Akan buruk jika anak mencontoh tindakan ini. Oleh karena itu, Anda harus mengawasi tayangan kartu yang ditonton anak.