Hari Anak Nasional 2020, Ini Pesan Jokowi dan Ibu Iriana

Kemanapun di tanah air ini ada satu hal yang membuat semangat bekerja, yaitu melihat senyum anak-anak Indonesia

Hari Anak Nasional 2020, Ini Pesan Jokowi dan Ibu Iriana
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 sepi perayaan. Adanya pandemi Covid-19, pun membuat banyak anak-anak harus belajar dari rumah.

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana pun memberikan pesan melalui video di akun Instagram resminya untuk menyemangati anak-anak di Indonesia.

Dalam video berdurasi sekitar tiga menitan itu, Presiden RI Joko Widodo ditemani Ibu Iriana membuka dengan cerita yang menyemangati mereka saat kunjungan ke berbagai daerah di Indonesia.

"Kemanapun di tanah air ini ada satu hal yang membuat semangat bekerja, yaitu melihat senyum anak-anak Indonesia," ungkapnya, Kamis (23/7/2020).

Jokowi mengungkapkan kebahagiaannya bisa menyapa anak-anak di seluruh tanah air, walaupun hanya secara virtual. Ia dan Ibu Iriana berpesan agar anak-anak bisa bersabar menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini.

"Saya tahu anak-anak pasti tidak sabar ingin sekolah, tidak sabar ingin bermain dengan teman-temannya, tidak sabar ingin bertemu kakek neneknya yang jaraknya jauh," ucap Jokowi bergantian dengan Iriana.

Mereka meminta anak-anak Indonesia mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan. "Disiplin mencuci tangan setelah bermain, setelah belajar, setelah berkegiatan. Disiplin memakai masker kalau ke luar rumah, dan menghindari kerumunan dimanapun," kata Iriana.

Menurut Jokowi, hal itu penting dijalankan karena satu-satunya cara menghindari virus corona adalah menjalani protokol kesehatan dengan disiplin, "Sanggup anak-anak semua? Pastinya sanggup ya," tutur Jokowi menyemangati anak Indonesia.

"Anak-anak terus belajar, jangan lupa rajin beribadah. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi virus Corona ini bisa berlalu," tambahnya.

"Selamat Hari Anak Nasional 2020. Anak Terlindungi, Indonesia Maju," tutup keduanya kompak.(Sp)