Hasil Swab Test, 4 ASN Pemkot Jakbar Positif Covid-19

Untuk keluarga dan kerabat ASN yang positif juga akan dilakukan swab test

Hasil Swab Test, 4 ASN Pemkot Jakbar Positif Covid-19
Kantor Wali Kota Jakarta Barat. Ilustrasi

JAKARTA - Empat orang aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Jakarta Barat diketahui positif Covid-19. Ini setelah hasil dari swab test yang kemarin dilakukan secara massal keluar.

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi mengatakan, dari hasil rapid test 17 orang reaktif Covid. Kemudian mengerucut ke empat orang yang benar-benar positif setelah swab test.

"Dari 862 orang rapid test, 17 orang reaktif. Kemudian mereka swab test dan ternyata ada empat yang positif Covid-19," ujar Rustam saat dikonfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Namun Rustam tidak menyebutkan empat pegawai yang positif tersebut bertugas di instansi mana. Ia hanya menjelaskan, pegawai yang positif Covid-19 maka akan menjalani isolasi mandiri atau jika diperlukan dirawat di rumah sakit.

"Kalau perlu di rumah sakit maka kita ke RS. Kalau cukup ke RS darurat maka kami bawa ke RS darurat. Bukan tidak mungkin dengan daya tahan tubuh bagus maka cukup isolasi di rumah," jelasnya.

Sementara, untuk anggota keluarga dan kerabat para ASN positif Covid-19, maka akan dilakukan pemeriksaan swab test Covid-19. Upaya ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas serta cepat tertangani dengan baik.

"Lebih baik kita ketahui lebih awal kondisi kita, dibanding kita tidak ketahui sama sekali. Walaupun orang tanpa gejala (OTG)," tandasnya.

Meskipun tidak diinfokan tempat kerja ASN yang positif, namun Rustam membeberkan lokasi yang kemungkinan akan diisolasi sementara. "Kita lihat nanti ASN di Jakarta Barat kan tersebar ada di kantor kelurahan, kantor kecamatan ada yang di sini (Wali Kota) ada yang di sudin. Kita lihat tingkatnya kalau kantor itu perlu dibersihkan tutup sementara maka tutup sementara, tapi misal kantor Wali Kota ada beberapa blok, kalau ada lantai itu yang kena maka lantai itu yang kami tutup," ungkapnya.(Tito)