Ini Syarat Pengurusan BPKB Hilang

Perhatikan syarat-syarat yang wajib dibawa untuk mengurus BPKB hilang

Ini Syarat Pengurusan BPKB Hilang

Divisi Humas Mabes Polri kembali melakukan sosialisasi tentang persyaratan pengurusan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB yang hilang kepada masyarakat melalui laman media sosial resmi mereka beberapa waktu lalu.

Berikut syarat yang perlu dipenuhi untuk mengurus BPKB yang hilang:

a. Mengisi Formulir Permohonan

b. Surat Keterangan kehilangan dari Kepolisian Negara Republik

Indonesia + Berita Acara Pemeriksaan (BAP)

c. Identitas :

1) Untuk perorangan : Jatidiri yang syah + satu lembar foto copy, bagi yang berhalangan melampirkan surat kuasa bermaterai cukup.

2) Untuk Badan Hukum : Salinan Akte pendirian + satu lembar foto copy, Keterangan domisili, Surat Kuasa bermaterai cukup dan ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan

3) Untuk Instansi Pemerintah : Surat Keterangan Kepemilikan BPKB Instansi yang ditandatangani oleh Pimpinan dan distempel/cap Instansi.

d. Surat Pernyataan BPKB hilang yang bubuhi materai dan ditanda-tangani pemilik.

e. Bukti penyiaran pada media massa cetak sebanyak 2(dua) kali setiap bulannya dengan tenggang waktu penyiaran selama 2(dua) bulan melalui media massa cetak lokal, Regional dan Nasional.

f. Surat Keterangan dari pihak Bank bahwa BPKB tidak dalam status Jaminan Bank / Anggunan, jika di wilayah tersebut terdapat tidak lebih dari 2 (dua) Bank.

g. STNK Asli.

h. Cek Fisik kendaraan bermotor.