Jus Buah Sebagai Sarapan, Baik atau Buruk?

Tidak semua jus memberikan manfaat sehat

Jus Buah Sebagai Sarapan, Baik atau Buruk?
Jus nampak nikmat sebagai asupan pagi

Kadang kita sering kali memberikan label sehat untuk berbagai jenis jus buah. Meski dengan menggunakan embel-embel buah sudah pasti sehat, namun tidak semua jus memberikan manfaat sehat.

Jus buah dan smoothie memang terlihat sehat. Tapi yang terkandung di dalamnya justru tinggi gula atau bisa saja gula tambahan.

Lebih disarankan untuk memilih potongan buah segar sebagai sarapan pagi. Hal ini dikarenakan serat buah yang tidak terbuang dan keuntungan dari mengunyah akan membantu pencernaan dan membuat lebih kenyang.

Berdasarkan penelitian dari Harvard Medical School di Amerika, satu gelas jus jeruk per hari secara signifikan meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Ini karena kurangnya serat pada jus yang mengakibatkan lonjakan kadar gula dalam tubuh.

Banyak orang berpikir bahwa jus adalah jenis minuman tepat yang bebas kalori. Faktanya, 150ml jus apel mengandung 57 kalori dan 15 gram gula, sedangkan satu buah apel ukuran sedang memberikan 47 kalori, 12 gram gula, dan 1,6 gram serat. Lalu pilih yang mana? Tentunya yang menyehatkan dong.