Kantor Kecamatan Pinang Tangerang Diserang Massa Berbaju Hitam

Diduga penyerangan terkait rencana eksekusi lahan

Kantor Kecamatan Pinang Tangerang Diserang Massa Berbaju Hitam
Massa penyerang kantor Kecamatan Pinang Tangerang. (Foto: Istimewa)

TANGERANG - Sejumlah kelompok massa menggereduk kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten, Jumat (7/8/2020). Mereka mengamuk dan melempari kantor yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa tersebut dengan batu dan kayu.

Massa yang mayoritas menggunakan kaos hitam itu banyak yang memegang senjata benda tumpul. Polisi pun sempat mengamankan bebeberapa orang yang kedapatan membawa senjata tajam.

Camat Pinang, Kota Tangerang, Kaonang menjelaskan, diduga massa yang mengamuk ini terkait dengan rencana Pemkot Tangerang untuk mengeksekusi sebidang lahan. Para petugas terkait yang menggelar apel di halaman kantor kecamatan langsung dilempari massa tersebut.

"Namun demikian, awalnya dari putusan Pengadilan apel untuk eksekusi memang ada di lapangan Kecamatan Pinang. Itu keputusan Pengadilan," ujar Kaonang saat ditemui di lokasi, Jumat (7/8/2020).

Kaonang menyebut masalah yang terjadi ini merupakan sengketa tanah. Dengan luas lahan lebih dari 5 hektar. "Ini kan tanah luas sekali ada beberapa hektar lebih, mungkin ada komponen-komponen yang tidak puas," ucap Kaonang.

Kendati demikian dirinya mengklaim bisa meredam situasi yang sempat memanas kembali kondusif.

"Saya bersyukur hari ini ada perbedaan pendapat tapi tidak ada korban. Aparat juga sigap dalam melerai ini. Jangan sampai ada pembiaran, semua harus tertib hukum," tandasnya.(Dul)