Kapolri-Panglima TNI Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Ini upaya Bhabinkamtibmas berbasis lingkungan RT/RW membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Kapolri-Panglima TNI Resmikan Kampung Tangguh Nusantara
Peresmian Kampung Tangguh Nusantara

TANGERANG - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan secara virtual Kampung Tangguh Nusantara, saat berada di kawasan wisata Aquaculture Mangrove, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020).

Program ini merupakan upaya Bhabinkamtibmas berbasis lingkungan RT/RW membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan wabah ini.

Sebuah kampung dapat disebut tangguh jika mempunyai syarat penerapan protokol kesehatan, keamanan, dan sosial ekonomi secara ketat dalam kehidupan ‘New Normal’ yang ditetapkan pemerintah.

Menunjang kegiatan tersebut, pembangunan infrastruktur desa seperti pos kesehatan warga, rumah karantina, lengkap dengan fasilitas penunjang yang dibutuhkan hingga pelatihan penanganan COVID-19 jika ada warga yang terjangkit virus SARS CoV2 tersebut.

Dalam pelaksanaan di lapangan, kegiatan ini juga bersinergi dengan TNI dan perangkat desa setempat. Selain itu, Polri turut serta turun ke masyarakat untuk membagikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.

Hingga kini, Polri telah membentuk 7.024 Kampung Tangguh Nusantara. Jumlah itu akan terus bertambah sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 di Indonesia.

Sementara itu, dalam program Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan, TNI dan Polri berperan sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Kampung ataupun lingkungan warga yang memiliki potensi akan dibina untuk dapat mengembangkan pertanian dan juga peternakan serta pembudidayaan ikan. Sehingga bisa tercipta ketahanan pangan di tengah masyarakat.(Sp)