Kapten Kapal Penyuplai BBM di Cilegon Positif Covid-19

S merupakan WNA asal Pakistan yang hasil tes PCR nya baru diketahui saat ia berada di Bandara Soeta

Kapten Kapal Penyuplai BBM di Cilegon Positif Covid-19
Ilustrasi

CILEGON – Seorang warga negara asing (WNA) asal Pakistan yang merupakan kapten kapal penyuplai Pertamax di PT Pertamina Tanjung Gerem, Cilegon dinyatakan positif Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dana Sujaksani membenarkan hal tersebut. Pria berinisial S tersebut tiba di Cilegon pada 26 Juni 2020, dan langsung diperiksa kesehatannya oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten.

"Saat itu clear tidak terpapar Covid-19, jadi boleh turun dari kapal. Walaupun kebanyakan awak masih di dalam kapal," ujar Dana, saat berada di kantor BPBD Kota Cilegon, Kamis (2/6/2020).

Kemudian, lanjutnya, S menginap di Hotel The Royale Krakatau pada 27 Juni 2020 untuk menunggu waktu kepulangannya ke Pakistan. Karena ada persyaratan penumpang pesawat harus clear Covid-19, akhirnya ia memeriksakan diri kembali ke Laboratorium Kimia Farma.

Pada 30 Juni 2020, walaupun hasil laboratorium belum keluar, S berangkat ke Bandara Soekarno Hatta bersama agen yang mengurus perjalanannya. Di sana ia pun mendapat hasil, bahwa positif Covid-19.

"Kebetulan juga pesawatnya di-cancel. Karena batal berangkat kemudian balik lagi ke Cilegon, oleh agennya dibawa ke penginapan semula dalam keadaan positif," terangnya.

Pihak Dinas Kesehatan Kota Cilegon baru mengetahui adanya WNA positif Covid-19 pada 1 Juli 2020. Bertindak cepat, tim Dinkes Cilegon langsung membawa WNA ke RS Darurat Wisma Atlet Jakarta.

“Pihak hotel langsung melakukan tracing ke karyawan mereka, namun ternyata tidak ada yang kontak langsung dengan WNA itu,” ungkapnya.

Hanya agen perjalanan yang telah ditunjuk perusahaan yang secara intens memiliki kontak dengan S.

"Jadi yang ngurus segala macemnya WNA itu si agennya itu. Jadi agen ini yang kontak dengan WNA ini. Agen ini langsung dari perusahaan mereka di Pertamina," tandasnya.(Pam)