Kebakaran Melanda Satu Unit Rumah di Rusun Angke

Kebakaran akibat kebocoran selang tabung gas

Kebakaran Melanda Satu Unit Rumah di Rusun Angke
Unit di Rusun Angke yang terbakar

JAKARTA - Akibat kebocoran kompor gas, satu unit Rusun Angke, Tambora, Jakarta Barat terbakar, Sabtu (27/6/2020). Tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Kasie Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Eko Sumarno mengatakan, kebakaran terjadi di Rusun Angke Lt.4, No. 5 Block. C RT 10/11, Kelurahan Angke, Tambora, itu terjadi karena kebocoran gas yang ada di selang kompor 

Sebanyak enam unit Damkar terdiri dari 30 personel dikerahkan. "Pemadaman hanya berlangsung 14 menit. Anggota datang ke lokasi pukul 10.16 WIB dan api padam pukul 10.30 WIB," ujar Eko.

Adapun luas area yang terbakar hanya berada di satu unit rusun seluas 4,5 meter persegi. Kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta. 

"Tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut. Wilayah terbakar hanya dapur di satu unit Rusun," ujar Eko. 

Sementara itu seorang saksi mata Samsudin menjelaskan bahwa kebakaran diawali dari api kompor salah satu unit Rusun. Saat itu, pemilik Rusun di lantai 4, Nomor 5 Block C tengah memasak ikan goreng. 

Namun api tiba-tiba menyambar ke jemuran yang berada di dekat kompor. Seketika saja api menyambar ke baju-baju yang berada di jemuran tersebut. 

"Jadi api menyambar ke baju yang dijemur. Namun api berhasil di awal berhasil dikendalikan warga," jelas Samsuddin ditemui di lokasi.

Selang tiga menit Pemadam Kebakaran datang dan berhasil memadamkan api. Hanya satu unit dapur yang terdampak kebakaran tersebut.(Tito)