Kebun Raya Bogor dan Cibodas Dibuka, Pembelian Tiket Online

Pembukaan Kebun Raya di Purwodadi, Jawa Timur; dan Kebun Raya Eka Karya Bedugul masih dikaji

Kebun Raya Bogor dan Cibodas Dibuka, Pembelian Tiket Online
Kebun Raya Bogor, (Ist)

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah membuka kembali Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R Hendrian mengatakan, untuk membuka kebun raya ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi.

"Pertama adalah penyusunan protokol kesehatan, dan itu harus dipaparkan ke Kepala LIPI," ujarnya, dalam pertemuan virtual Kamis (16/7/2020).

Setelah disempurnakan, lanjutnya, paparan tersebut kemudian dilanjutkan ke kepala daerah setempat. Yang kemudian setalahnya masuk ke sosialisasi dan internalisasi.

"Kita juga mesti menyiapkan sumber daya manusia, sistem dan fasilitas pendukungnya," ucap Hendrian.

Kemudian baru mulai dilakukan sosialisasi ke publik, simulasi, stres test, dan penyempurnaan, baru pembukaan. Meskipun telah dibuka untuk masyarakat umum, pihak LIPI akan melakukan pemantauan serta evaluasi berkelanjutan.

Untuk pembelian tiket, pengunjung hanya bisa membelinya melalui website www.kebunraya.id. Sementara untuk makanan, suvenir dan transaksi yang ada di dalam menggunakan uang elektronik.

Saat ini pihak LIPI tengah mengkaji untuk pembukaan Kebun Raya di Purwodadi, Jawa Timur; dan Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Bali.(Sp)