Kementerian ATR/BPN Serahkan Sertifikat ke Masyarakat Cilegon

Dengan sertifikasi warga mendapatkan kepastian hukum tanahnya

Kementerian ATR/BPN Serahkan Sertifikat ke Masyarakat Cilegon
Penyerahan simbolis sertifikat tanah warga Cilegon

CILEGON - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Sofyan Djalil menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Kota Cilegon secara virtual, Jumat (7/8/2020).

Secara simbolis ada 9 warga yang langsung diberikan sertifikat di kantor Wali Kota Cilegon. Sebagai penanggung jawab adalah Kepala Kantor BPN Cilegon, Shamy Ardian. "Kepada masyarakat penerima sertifikat saya ucapkan selamat," kata Sofyan Djalil.

Wali Kota Cilegon Edy Ariadi mengatakan, bahwa tanah merupakan salah satu faktor penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia hidup dan melakukan berbagai aktivitas kesehariannya di atas tanah. Termasuk memperoleh bahan pangan dengan memanfaatkan tanah merupakan salah satu modal utama untuk kelancaran usaha.

"Saya berharap dengan adanya program pendaftaran tanah sistematis lengkap PTSL ini semua bidang tanah yang ada wilayah kota Cilegon dapat terpecahkan. Baik dari aspek yuridis maupun fisik. Dengan disertfikatkan ini 
nilai manfaat yang dapat kita rasakan sendiri berupa mendorong kemajuan sektor perekonomian masyarakat dan Memberikan kepastian hukum hak atas tanah masyarakat," jelasnya.

Sementara Shamy melaporkan bahwa pada tahun 2020 Kantor Pertanahan Kota Cilegon mendapatkan target penerbitan SHAT sebanyak 5.000 bidang. Pada kesempatan ini dibagikan sertifikat untuk 1.129 bidang.

"Saya sampaikan bahwa kami menargetkan penyelesain penertiban SHAT PTSL 2020 adalah pada bulan Agustus. Kami akan meningkatkan kordinasi dengan para lurah dan Satgas PTSL kelurahan terkait kelengkapan dokumen tasi dengan para lurah penertiban SHAT," tandasnya.(pam)