Ketua MPR: Perketat Orang Masuk ke Jakarta!

Pemantauan orang yang masuk ke Jakarta untuk mencegah penambahan kasus Covid-19 secara masif

Ketua MPR: Perketat Orang Masuk ke Jakarta!
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah memperketat arus masuk orang ke DKI Jakarta. Hal ini untuk menghindari DKI Jakarta menjadi episentrum Covid-19 lagi.

"Kami minta pemerintah memperketat pemeriksaan kesehatan dan melakukan tes Covid-19 secara masif di setiap sarana transportasi publik yang menjadi pintu masuk ke Jakarta seperti bandara, terminal bus, stasiun MRT, stasiun KRL antarkota dan KRL Jabodetabek," ujar Bambang melalui keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Bamsoet juga meminta pemerintah mewaspadai arus balik warga dari berbagai daerah menuju ke Jakarta. Untuk itu, ia meminta aparat keamanan selalu mengawasi arus masuk orang ke DKI Jakarta melalui seluruh pintu masuknya.

Ia pun menyarankan Dinas Tenaga Kerja pemerintah daerah di DKI Jakarta menugaskan setiap perusahaan untuk mendata para karyawan yang mudik lebaran. Dann jika memungkinkan melakukan tes swab dan melakukan karantina pribadi sebelum mulai beraktivitas kembali.

"Dan pemerintah semestinya menginstruksikan kepada semua instansi pemerintah pusat dan daerah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawan yang mulai kembali bekerja," tandasnya. (Sp)