Kodiklatad Bagikan Paket Sembako untuk Warga Parompong

Ini sebagai bentuk kepedulian Kodiklatad untuk warga terdampak Covid-19

Kodiklatad Bagikan Paket Sembako untuk Warga Parompong
Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto menyerahkan bantuan ke warga

BANDUNG - Guna meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya di wilayah Parompong dan sekitarnya yang menjadi daerah latihan satuan, Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto mengajak seluruh perwira tinggi jajarannya untuk melaksanakan bakti sosial yang dipusatkan di Detasemen Kavaleri Berkuda, Parompong, Sabtu (20/06/2020).

Dalam sambutannya, Putranto mengatakan, bahwa banyak masyarakat yang terkena dampak Covid-19 seperti pekerja yang di PHK, para lansia, wanita dan anak-anak. “Sebagai wujud ucapan syukur kita kepada Allah SWT, maka kita juga mengadakan bakti sosial untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Ia berpesan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 ini, agar seluruh peserta baksos dan masyarakat menaati aturan dari pemerintah. "Tetap laksanakan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 dan jangan lupa berdoa agar kita terhindar dari wabah ini", tambahnya.

Awalnya rombongan berkumpul di Makodiklatad untuk melaksanakan briefing. Sebelum berangkat, secara bersama-sama seluruh peserta bhaksos memegang  bendera merah putih sambil menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Hal ini merupakan wujud kecintaan para peserta dan komunitas yang hadir untuk selalu menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Selanjutnya rombongan dilepas dari Makodiklatad langsung menuju tempat bakti sosial yang harus menggunakan jalur offroad dengan rute Tangkuban Perahu – Cikole – Cikahuripan – Parompong.

Di tengah perjalanan rombongan berkesempatan untuk meninjau Musholla Ar Rahiim yang dibangun Kodiklatad beserta masyarakat pada Februari 2019 di desa Cikahuripan sambil membagikan 75 paket sembako bagi warga.

Sementara untuk di Parompong, rombongan menyerahkan 175 paket sembako dan menggelar pengobatan alternatif.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti jajaran Kodiklatad, tetapi juga dari Polri dan berbagai komunitas. Salah satu peserta yakni Wakapolri 2011-2013, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna.

“Saya lihat begitu kompaknya dari Komandan sampai ke satuan jajaran hadir, turut serta dalam membantu meringankan beban penderitaan masyarakat," ucapnya.

Salah satu warga Parompong, Haryono merasakan kebahagiaan atas adanya bakti sosial ini. "Terimakasih kami ucapkan, karena bantuan ini sangat berarti pada saat pandemi Covid-19 ini," tuturnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Ketua Persit KCK PG Kodiklatad beserta pengurus, Wadankodiklatad, Inspektur, para Direktur Kodiklatad, para Danpusdik jajaran Kodiklatad, serta tamu undangan lainnya dari berbagai perwakilan satuan seperti Dislitbangad, Dispsiad, Ditajenad dan juga komunitas 4x4 seperti  Adventure Akabri 87 Community (AA’87 C), Ganesha Landy Community (GLC), Unimog Owner Indonesia (UOI), JKOne serta DCab Chapter Bandung.(Sp)