Kodiklatad Donasikan 680 Kantong Darah ke PMI

Ini bentuk kepedulian dari Kodiklatad untuk menambah stok darah saat pandemi Covid-19

Kodiklatad Donasikan 680 Kantong Darah ke PMI
Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto ikut mendonorkan darahnya

BANDUNG - Ratusan kantong darah berhasil didonasikan oleh jajaran Kodiklat TNI AD. Ini sebagai bentuk kepedulian untuk menambah stok darah di PMI.

Dankodiklat Letjen TNI A.M Putranto mengatakan, kegiatan ini menunjukan kepedulian personel jajaran Kodiklatad untuk mendonorkan darahnya cukup tinggi meskipun dalam situasi pandemi Covid-19. Bahkan jumlah pendaftarnya mencapai 822 orang, dari personel militer dan PNS.

Kegiatan mulai tanggal 23 Juni sampai 26 Juni. Pelaksanaannya tersebar di empat zona, pertama di Bandung dan Cimahi, zona dua Malang, zona tiga Jakarta dan zona empat Baturaja.

“Inilah upaya kami untuk membantu pemenuhan stok darah PMI yang sudah mulai berkurang. Semoga hasilnya dapat membantu masyarakat melalui PMI," ujar Putranto, Jumat (26/6/2020).

Sementara Kepala Kesehatan Kodiklatad, Letkol Ckm dr. Saharun Iso menjelaskan, dari pelaksanaan donor darah tersebut terkumpul  680 kantong darah. Karena tidak semua pendaftar dalam keadaan fit.

“Dalam pelaksanaannya sendiri kita sesuaikan dengan protokol pencegahan virus Covid-19," ucapnya.

Seperti dilakukan secara bergantian untuk membatasi jumlah personel di ruangan, menjaga jarak saat mengantre, dan mengatur arus keluar masuk ruangan, sehingga tidak bersinggungan.

Sementara itu dr. Bernadi Wiguna Kusuma selaku Ketua Tim PMI Kota Bandung menyampaikan, selama masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan yang cukup drastis jumlah pendonor, sehingga mempengaruhi ketersediaan stok darah di PMI.

“Kami mengucapkan terima kasih karena kegiatan ini sangat membantu PMI dalam penambahan stok darah, yang sudah menipis akibat dampak pandemi Covid-19, karena wilayah Bandung yang tiap harinya membutuhkan sekitar 400-450 kantung darah," tandasnya.(Sp)