Lapas Kelas II Cilegon Luncurkan Drive Thru untuk Pengunjung

Memudahkan pengunjung dan mencegah pungli

Lapas Kelas II Cilegon Luncurkan Drive Thru untuk Pengunjung
Peluncuran drive thru di Lapas Kelas II Cilegon

CILEGON – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Banten meluncurkan pengoperasian La-Goon Moda. Ini sebuah moda transportasi untuk melayani keluarga warga binaan yang berkunjung ke Lapas Kelas II Cilegon.

"Ini inovasi yang pertama di Banten dan juga Indonesia ya. Ini memudahkan pelayanan yang dilakukan oleh Lapas Cilegon sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, R. Andika Dwi Prasetya, di Lapas Kelas II Cilegon, Senin (10/8/2020).

Ini memiliki konsep drive thru. Dimana Lapas Cilegon menyiapkan mobil yang dapat dinaiki pengunjung secara gratis dari mulai pintu masuk Lapas menuju ruang kunjungan untuk bertatap muka dari jendela dengan warga binaan.

Selain memudahkan pengunjung, program ini juga sebagai upaya Lapas Cilegon menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Terutama di tengah masa pandemi Covid-19 ini dimana kunjungan secara konvesional untuk bisa kontak langsung dibatasi.

“Tapi Lapas Cilegon ngga habis akal untuk terus berinovasi, mudah-mudahan membawa manfaat pada keluarga warga binaan. Paling tidak kami selama ini sudah menerapkan metode kunjungan online," jelasnya.

Sementara Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon, Masjuno menambahkan, jadwal layanan operasional drive thru tersebut akan rutin setiap Senin sampai Kamis mulai pukul 09.00 sampai dengan pemesanan terakhir pukul 15.30 WIB.

“Kapasitas kendaraan tiga keluaga ya, dengan waktu kunjungan secara dinamis di lapangan. Kendaraan ini merupakan CSR dari Koperasi dan kita berharap ke depan akan mendorong partisipasi pihak swasta. Karena sejauh ini kita masih menyiapkan satu kendaraan," tandasnya.(Pam)