Manfaatkan Momentum, Ricky Raup Untung Ratusan Juta Berbisnis Ikan Cupang

Ikan cupang yang dijual Ricky impor dari Thailand

Manfaatkan Momentum, Ricky Raup Untung Ratusan Juta Berbisnis Ikan Cupang
Salah satu jenis betta fish yang dijual oleh Ricky

JAKARTA - Betta fish atau lebih dikenal dengan ikan cupang kini sedang naik daun. Bukan menjadi ikan aduan, kini cupang lebih digemari sebagai ikan hias.

Hal ini juga yang menjadi magnet tersendiri untuk banyak orang mulai berbisnis ikan cupang. Apalagi di era pandemi Covid-19 ini, tidak sedikit masyarakat yang beralih menjadi peternak ikan cupang.

Namun berbeda dengan Ricky Liung, warga Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan yang lebih memilih untuk menjadi importir-eksportir ikan cupang. Bahkan ikan cupang yang menjadi komoditinya merupakan varian dari luar negeri, terutama Thailand yang jenisnya premium tidak banyak ada di pasar lokalan.

"Saya sebenarnya sudah dari 2018 bisnis ikan hias. Ini kan momentum ikan cupang lagi booming lagi. Makanya saya hanya impor untuk dijual, agar tidak kehilangan momen, mumpung lagi mahal," katanya sambil tertawa, Rabu (14/10/2020).

Sebab untuk standar breeding ikan cupang hingga siap jual akan memakan waktu sekitar 3 bulan. Sementara momentum booming-nya jenis ikan relatif dalam waktu singkat.

"Karena inikan booming kedua betta fish di Indonesia setelah tahun 2018. Dulu itu jenis betta fish nemo dan emerald saat pertama kali hadir di Indonesia," ucapnya.

Menurut Ricky, varian ikan cupang di Indonesia memang sudah cukup banyak. Namun varian yang didatangkannya dari Thailand memiliki kekhasan dan pasar tersendiri.

"Walaupun Indonesia sendiri hampir semua ikan ada, tapi berbeda dengan betta fish asal Thailand. Walaupun terlihat mirip, warna merah Indonesia terlihat agak pudar atau agak hitam, sementara Thailand warna merahnya pekat dan terang," jelasnya.

Inilah yang membuat harga jual ikan cupang Thailand jauh di atas jenis lokalan Indonesia. Contohnya saja jenis betta golden koi yang harga jualnya bisa mencapai Rp 6 juta.

"Banyak genetik terbaru diantaranya yang sedang digandrungi betta fish koi merah gold, betta fish koi cooper, blue rim dan betta dish koi tiger. Harga jualnya memang di atas lokalan, antara Rp 500 ribu sampai jutaan deh," ungkapnya.

Dari usahanya ini, Ricky bisa meraup untung puluhan juta rupiah per minggunya. "Kalau per minggu omsetnya bisa di atas Rp 100 juta. Ya kalau untung lumayan lah, di atas 20 persen dari itu (omset)," terangnya.

Untuk para penggemar ikan cupang hias dari Thailand atau para breeder yang butuh jasa pengadaan indukan serta ingin ekspor bisa langsung cek akun FB: Ricky Liung, atau di Instagram @rickyliung. "Yang ada ikonnya Queen of Betta," tandasnya.(Kor)