Misteri Di Balik Lukisan Nyi Roro Kidul Basoeki Abdullah

Konon, satu persatu model yang dipakai Basoeki Abdullah untuk melukis Nyi Roro Kidul sakit dan ada pula yang akhirnya meninggal dunia secara misterius

Misteri Di Balik Lukisan Nyi Roro Kidul Basoeki Abdullah
Ilustrasi

Penguasa Pantai Selatan Nyi Roro Kidul, konon diyakini masih hidup hingga sekarang. Secara tidak langsung, kehadiran sosok sang ratu penuh misteri yang diidentifikasi senang berbusana serba hijau itu, diwakili sejumlah lukisan dirinya buah karya maestro seni lukis tanah air, almarhum Basoeki Abdullah. Lukisan-lukisan diri Nyi Roro Kidul, yang tak kalah misteriusnya dalam proses pembuatannya itu, hingga kini tersimpan rapi dikamar nomor 308/ di hotel tertua di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Kawasan Pelabuhan Ratu memang begitu menyita perhatian. Bagaimana tidak, Basoeki Abdullah, sang maestro seni lukis tanah air yang bergaya naturalistik-realistik, mampu menggambarkan sosok sang ratu dengan kewibawaan dan kecantikannya yang memukau.

Namun, sebelum menghasilkan salah satu lukisan fenomenalnya itu, Basoeki Abdullah kabarnya sempat mencoba melukis Nyi Roro Kidul dengan menggunakan tiga model dan digarap di Pantai Parangtritis, Jogjakarta. Namun anehnya, belum lagi lukisan itu rampung, satu persatu model yang dipakai Basoeki Abdullah dikabarkan sakit dan kemudian meninggal dunia secara misterius.

Konon, pasca kematian modelnya, Basoeki Abdullah pun kian tertantang untuk melukis sosok Nyi Roro Kidul yang telah begitu dikaguminya semenjak remaja. Bersama istri dan putrinya, sang maestro pun menghubungi pengurus hotel dan meminta ijin untuk melukis langsung Nyi Roro, di kamar favoritnya kamar 308.

“Setibanya di hotel kejadian aneh justru saya alami. Saat saya tengah menunggu ayah dan ibu yang tengah check in, saya tiba-tiba saja dihampiri seorang wanita cantik bersyal hijau yang sangat misterius. Saya gak tahu apakah itu perwujudan dari Nyi Roro. Yang jelas, wajah itulah yang kemudian saya lihat di lukisan bapak tentang sosok Nyi Roro Kidul,” imbuh Cecilia, putri Almarhum Basuki Abdullah.

Benarkah wanita cantik tersebut adalah wujud asli Nyi Roro Kidul, seperti yang kita lihat di lukisan karya-karya Basoeki Abdullah?. Entah apapun jawabannya, yang jelas secara sepintas lukisan-lukisan Basoeki Abdullah tentang sosok Nyi Roro Kidul, terlihat layaknya lukisan di atas kanvas pada umumnya. Tapi bagi sebagian orang yang diberi kemampuan untuk bisa melihat hal-hal khusus lewat mata bathinnya, konon lukisan-lukisan itu justru seperti bernyawa. (Car)