Misteri Penampakan Sosok Wanita Cantik Di Patilasan Nyai Rambut Putih Majalengka

Dijadikan kawasan cagar budaya sejak pada tahun 1994, Patilasan Nyai Rambut Putih, kerap dikaitkan dengan legenda asal muasal berdirinya kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Misteri Penampakan Sosok Wanita Cantik Di Patilasan Nyai Rambut Putih Majalengka
Youtube

Kisah Nyai Rambut Putih, seakan tak bisa lepas dari masyarakat Majalengka, Jawa Barat. Sosok bernama asli Ratu Ayu Panvidagan ini, konon adalah Ratu Majalengka, pemimpin Kerajaan Sindang Kasih. Tersohor karena kecantikan dan kesaktiannya, wilayah kekuasaan Nyai Rambut Putih konon juga memiliki Buah Maja, yang disebut ampuh sebagai penyembuh penyakit.

Kabar keberadaan Buah Maja ini, terdengar hingga ke telinga Sunan Gunung Djati, yang kemudian mengutus putranya, Pangeran Muhammad untuk menemukan obat itu. Tapi karena ada ketidaksepahaman terkait keyakinan dua tokoh ini, akhirnya pertarungan antara Nyai Rambut Putih dengan Pangeran Muhammad pun tak terhindarkan. “Konon berkat kesaktiannya, Nyai Rambut Putih menghilang secara misterius bersama Buah Maja. Legenda ini pun akhirnya dikaitkan sebagai asal usul nama wilayah Majalengka, yakniBuah Maja yang langka,” ungkap Sejarawan Asep
kambali.

Meski kebenaran kisah Nyai Ratu Kasih hingga kini masih jadi perdebatan di kalangan ahli sejarah, tapi sejumlah bukti hadir dari berbagai patilasan. Bahkan, tak sedikit warga yang mengaku kerap melihat penampakan sosok wanita cantik memesona dengan rambut panjang terurai. Sosok ini wanita msiterius ini konon dipercaya warga sebagai perwujudan dari Nyai Rambut Putih, Sang Ratu Majalengka.

Selain penampakan sosok wanita yang disebut sebagai jelmaan Nyai Rambut Putih, warga sekitar juga mengeramatkan Batu Patilasan. Tak sedikit warga yang datang berziarah ke tempat tersebut. Selain bentuk fisik Batu Patilasan yang terlihat kasat mata, tempat ini juga mengalirkan banyak kisah magis. salah satunya tentang kematian misterius seseorang yang konon sempat mengaliri wilayah itu dengan limbah, hingga akhrinya menderita sakit parah.

Masih terkait dengan legenda Nyai Ratu Putih, Sumur Hulu Dayeuh juga menyimpan mister/ yang terus dikisahkan warga dan peziarah hingga sekarang. Selain disebut sebagai tempat keramat, Sumur Hulu Dayeuh, konon juga dijaga makhluk astral berwujud seorang kakek. “Boleh percaya boleh tidak. Tapi, memang seperti itu cerita-cerita warga sekitar. Saran saya sih, kita saling menjaga aja, agar semuanya selamat,” ujar Nurdiansyah, Kuncen Patilsan Nyai Rambut Putih.

Di balik beragam kisah mistis di lokasi, kini Patilasan Nyai Rambut Putih, justru menjadi objek wisata. Tempat yang juga sudah dijadikan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka sejak tahun 1994 itu, kini banyak dikunjungi para peziarah. (Car)