Pelaku Penusukan Anggota TNI di Tambora Ditangkap

Penelusuran CCTV dan kesigapan petugas gabungan bisa menangkap pelaku dalam waktu singkat

Pelaku Penusukan Anggota TNI di Tambora Ditangkap
Ilustrasi

JAKARTA - Dandim 0503/ JB Kolonel Kav Valian Wicaksono mengatakan, pelaku penusukan terhadap anggota Babinsa Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Serda S, telah ditangkap POM TNI.

Namun Valian tidak menjelaskan secara detail dimana pelaku tersebut diamankan. Alasannya, pelaku masih diperiksa dan kasus tersebut masih dalam penyelidikan. Ia hanya menyebut, pelaku ditangkap tadi pagi.

"Ini masih penyelidikan, yang pasti pelakunya sudah diamankan. Nanti masih penyelidikan ya di POM TNI," kata Valian saat dihubungi, Senin (22/6/2020).

Valian mengatakan, POM TNI sudah memeriksa rekaman CCTV di sekitar lokasi. Adapun pelaku yang diamankan merupakan pelaku utama. Tetapi Ia tak dapat memastikan apakah pelaku penusukan terhadap Serda S hanya satu orang atau lebih.

"Dalam penyelidikan. Kita sudah liat CCTV dan sebagainya, tapi nanti apakah yang lain terlibat atau gimana itu kan nanti dari hasil penyelidikan," ujar Valian.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, peristiwa penusukan itu bermula saat Serda S tengah bertugas di Hotel Mercure yang berlokasi di Jalan Kali Besar, Tambora, Jakarta Barat, Senin (22/6/2020) dini hari. Kemudian tiba-tiba terjadi keributan dan Serda S berusaha menyelesaikan perselisihan tersebut.

Namun nahas, ketika S berusaha meredam keributan, justru korban tertusuk senjata tajam oleh pelaku dan menyebabkan pelaku meninggal dunia.

"Intinya anggota saya sedang tugas. Jadi kita sedang mengamankan karantina mandiri dari PMI kerja migran yang baru dari luar. Nah salah satunya kan di Grand Mercure Batavia. Kita kan dilibatkan, karena kita kan masuk dalam satgas tersebut. Jadi ada keributan, anggota kita mencoba menyelesaikan tapi malah almarhum yang tertusuk," ujar Valian.

Valian menegaskan, korban tewas bukan karena tertembak senjata api melainkan karena tertusuk senjata tajam di bagian dada dan punggung.

"(Tertusuk) Di dada sama punggung. Sehingga tidak ditembak," tandasnya. (Tito)