Pelaku Penusukan Serda Saputra Oknum Perwira Marinir

Diduga ada warga sipil juga yang terlibat dalam penusukan Serda Saputra

Pelaku Penusukan Serda Saputra Oknum Perwira Marinir
Ilustrasi

JAKARTA - Sudah bisa dipastikan penusuk Anggota Babinsa Pekojan, Tambora, Kodim 0503/JB, Serda Saputra merupakan oknum Marinir TNI AL, Letda RW. Motif utama penusukan masih diselidiki oleh POM AL.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Penyidikan Puspomad Kolonel Cpm Kemas Ahmad Yani kepada wartawan di Mabesad, Jakarta Pusat, Kamis (25/6/2020).

"Pertama Letda Mar RW, sudah ditahan di Puspomal Kelapa Gading Jakarta Utara dan proses sesuai ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan TNI. Kedua, diduga pelaku warga sipil," ujarnya.

Menurut Kemas, pihaknya saat ini hanya bisa mengungkapkan fakta awal. Karena merupakan oknum Marinir, kasusnya ditangani oleh POM AL. "Awalnya adalah tentang masalah OTT jadi kami sejak ada informasi kejadian kami turun ke lapangan untuk mencari maupun penyelidikan dan sebagainya," ucapnya.

Sesuai instruksi dari KSAD Jendral TNI Andika Perkasa bahwa proses hukum kasus ini harus tuntas. "Kita akan dorong dan memperkuat penyidik Puspomal sebagai bahan untuk ditindaklanjuti dan dikembangkan. Semoga prosesnya tetap sesuai hukum yang ada dan pengadilan," tandasnya.

Letda RW menurut Kemas kini sudah ditahan di Puspomal, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Oknum perwira ini akan diproses sesuai hukum militer.

Sebelumnya diberitakan, Serda Saputra meninggal dunia disebabkan luka tusuk di dada dan punggung. Lokasi penusukan ada di depan Hotel Mercure Batavia, Tambora, Jakarta Barat. Serda Saputra ditusuk saat berusaha melerai kedua pihak yang berselisih di depan pintu hotel.

Saat itu Serda Saputra sendiri sedang bertugas melaksanakan pengamanan karantina mandiri terhadap pekerja migran yang baru kembali dari luar negeri di hotel tersebut.(Sp)