Pemprov Bali Mulai Buka Pariwisata Khusus Wisatawan Lokal

Aktivitas pariwisata untuk wisatawan nusantara dan mancanegara akan dibuka secara bertahap

Pemprov Bali Mulai Buka Pariwisata Khusus Wisatawan Lokal
Pantai Kuta Bali. (Ist)

BALI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mulai membuka pariwisata. Namun untuk tahap uji coba, tempat-tempat wisata baru boleh dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Penerapan protokol kesehatan pun harus dijalankan dengan ketat oleh para pengelola tempat usaha dan juga usaha pendukungnya.

Sementara ada tiga tahapan tatanan kehidupan new normal yang akan dijalankan di Provinsi Bali.

Pertama, melaksanakan aktivitas secara terbatas dan selektif hanya untuk lingkup lokal masyarakat Bali, mulai tanggal 9 Juli 2020. Pada tahapan ini, sesuai arahan Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, pelaksanaan tatanan kehidupan era baru yang diizinkan terbatas hanya pada beberapa sektor seperti kesehatan.

Kemudian kantor pemerintahan, adat agama, keuangan, perindustrian, perdagangan, logistik, transportasi, koperasi, UMKM, pasar tradisional, pasar modern, restoran/warung, pertanian, perkebunan, kelautan/perikanan, peternakan, jasa dan konstruksi. Sementara itu sektor pendidikan dan sektor pariwisata nasional belum diberlakukan.

Tahap kedua, melaksanakan aktivitas secara lebih luas, termasuk sektor pariwisata, namun hanya terbatas untuk wisatawan nusantara, mulai 31 Juli 2020.

Tahap ketiga, melaksanakan aktivitas secara lebih luas sektor pariwisata termasuk untuk wisatawan mancanegara mulai 11 September 2020. (Sp)