Penanganan Pasien Covid-19 di Pusdikpom Sesuai Prosedur Kesehatan

Hari ini telah dilakukan swab ketiga untuk pasien di Pusdikpom

Penanganan Pasien Covid-19 di Pusdikpom Sesuai Prosedur Kesehatan
Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto

BANDUNG - Komandan kodiklat TNI AD, Letjen TNI A.M Putranto memastikan penanganan prajurit yang positif Covid-19 di Pusdikpom telah sesuai prosedur. Per Rabu (15/7/2020) sudah 101 pasien dinyatakan sembuh.

Hal tersebut diungkapkan Putranto saat silaturahmi Pimpinan Lembaga Pendidikan TNI-Polri dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara virtual, Kamis (16/7/2020).

"Hari ini sudah dilaksanakan tes swab ketiga guna memastikan kondisi terkini siswa dan organik Pusdikpom," ujarnya.

Sesuai petunjuk KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa nantinya perkembangan kesehatan siswa dan organik ini akan terus dipantau. Sehingga siap untuk dapat memberikan donor guna kepentingan terapi plasma convalescent.

Menurut Putranto, para pasien di Pusdikpom yang semuanya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) tetap melaksanakan gaya hidup sehat. Kedatangan KSAD ke Pusdikpom, pada Sabtu (11/7/2020) meningkatkan motivasi dan semangat Prajurit Pusdikpom untuk dapat segera pulih.

Didukung dengan adanya asupan makanan bergizi, minum suplemen vitamin secara rutin dan tetap berolahraga dengan baik, memberikan hasil yang baik bagi kesembuhan pasien di Pusdikpom.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, saat ini Jawa Barat memiliki positivity rate dibawah 5%, sehingga penyebaran Covid-19 ini dapat dikatakan terkendali di wilayah Jabar. Selain itu juga Jabar dapat dikatakan sebagai provinsi swasembada produksi alat untuk melawan Covid-19 yakni dengan adanya produksi alat ventilator, APD baju Hazmat, masker bedah, larutan reagen PCR dan juga alat rapid tes.

Turut hadir dalam silaturahmi virtual ini, Dansesko TNI, Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jabar, Danseskoad, Danseskoau, Dan Secapa AD, Dankoharmat AU, para Danlanud se-Jabar, Ka Sespim Polri, Danpusdikkav serta undangan lainnya.(Dar)