Pengajuan Pinjaman Pemprov DKI Rp 12,5 Triliun Disetujui Menkeu

Pinjaman untuk tahun ini senilai Rp 4,5 triliun dan Rp 8 triliun di 2021

Pengajuan Pinjaman Pemprov DKI Rp 12,5 Triliun Disetujui Menkeu
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA - Akhirnya Pemerintah Pusat menyetujui pinjaman yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membiayai program pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mendapatkan pinjaman total sebesar Rp 12,5 triliun. Nantinya pembiayaan dikelola oleh Kementerian Keuangan dan dilaksanakan melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI.

"Kami tentu dalam penyediaan fasilitas ini penugasan yang diberikan pada SMI tidak hanya terbatas pada kreditur. SMI kami minta berikan jasa konsultasi persiapan proyek dan memberikan penguatan dan peningkatan kapabilitas pemerintah daerah untuk bisa desain pinjamannya," ujarnya, Senin (27/7).

Pinjaman untuk DKI Jakarta terdiri dari usulan pinjaman untuk tahun ini senilai Rp 4,5 triliun dan Rp 8 triliun di 2021.

Dari pengajuannya dana tersebut digunakan untuk mendanai pembangunan infrastruktur yang terkendala dana, utamanya sektor pelayanan air minum, pengendalian banjir, pengolahan sampah, transportasi, pariwisata, dan olah raga.

Selain Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah juga menyetujui pengajuan pinjaman dari Pemprov Jawa Barat untuk tahun ini Rp 1,9 triliun dan tahun depan Rp 2,09 triliun.(Sp)