Bulog Salurkan Beras Bansos Presiden ke 3,3 Juta KPM

Setiap keluarga penerima manfaat mendapatkan jatah 25 kilogram

Bulog Salurkan Beras Bansos Presiden ke 3,3 Juta KPM
Ilustrasi

JAKARTA - Perum Bulog menyelesaikan penyaluran beras bantuan sosial (Bansos) dari Presiden RI kepada 3,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Jabodetabek yang terdampak virus Covid-19.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengatakan, bantuan disalurkan dalam dua tahap. Pertama tanggal 5-22 Mei 2020 kepada 1,475 juta KPM, lalu kedua tanggal 1-15 Juni 2020 kepada 1,862 juta KPM.

"Sehingga kita bisa menyelesaikan yang ditargetkan oleh mensos bahwa dalam kurun waktu dua minggu semua program selesai. Berasnya per KPM 25 kilogram," ujarnya kepada wartawan, di kantornya, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Anggaran program bansos ini ditanggung oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Rp 11.800 per kilogram. Namun dana awal untuk pengadaan ditanggung oleh Bulog melalui pinjaman dari Bank BUMN.

"Jadi kita pengadaan dulu, kita setor ke Mensos. Mensos sudah lihat clear, baru nanti Mensos bayar. Alhamdulillah hari ini cepat Mensos. Begitu kita laporan selesai cepat langsung dibayar," tandasnya.(Sp)