Polda Riau Gagalkan Pengiriman 100 Kg Ganja ke Malaysia

Ganja akan diselundupkan ke Malaysia untuk ditukar dengan sabu

Polda Riau Gagalkan Pengiriman 100 Kg Ganja ke Malaysia
Ilustrasi ganja

RIAU - Jajaran Polda Riau berhasil menangkap empat orang pengedar ganja kering. Dari tersangka didapat 100 Kg ganja, yang rencananya akan diselundupkan ke Malaysia untuk ditukar sabu.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, pengungkapan narkotika jenis ganja ini dipimpin oleh Kasubdit II Narkoba Polda Riau AKBP Hardian Pratama dan Ipda Deded Kuswandi di jalan lintas Riau-Sumut di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada Senin (8/6/2020).

Menurut Sunarto, ganja-ganja tersebut dibawa oleh tersangka dari Aceh. Sementara keempat tersangka memiliki peran yang berbeda.

Tersangka M (33) warga Kabupaten Aceh Tenggara, dan A (31) asal Kabupaten Gayo, Aceh berperan memantau perjalanan membawa ganja. Keduanya memantau dari Aceh ke Riau.

"Tersangka HG (30) warga Medan membawa ganja dengan mobil Medan ke Aceh. Kemudian mobil L300 diisi daun ganja dengan ditutupi buah pisang, tujuan ke Riau. Aksi ini tanpa diketahui sopir yang mereka sewa," kata Narto.

Lalu tersangka BK (36) warga Dumai Riau yang berperan menjemput daun ganja tersebut di Kabupaten Rohil, Riau. Daun ganja ini diendapkan sementara di Dumai.

"Rencananya akan dibawa ke Malaysia ditukar narkotika jenis sabu sebanyak 25 Kg di tengah antarbatas negara," tandasnya.(Sp)