Relokasi 660 Pedagang Pasar Ciputat Rampung Juli

Proses pendataan dan relokasi berjalan beriringan untuk mempercepat relokasi

Relokasi 660 Pedagang Pasar Ciputat Rampung Juli
Pasar Ciputat. Ilustrasi

TANGSEL - Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan merelokasi 660 pedagang Pasar Ciputat. Ditargetkan proses relokasi pedagang akan selesai pada Juli mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Tangsel, Maya Mardiana mengatakan, relokasi dilakukan karena Pasar Ciputat akan segera direvitalisasi. Tempat relokasi berada di Plaza Ciputat.

"Untuk relokasi pedagang kami yang melakukan tindak lanjutnya. Bulan Juni sampai Juli ini selesai relokasi," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (23/6/2020).

Menurut Maya, pendataan pedagang jalan beriringan dengan proses relokasi. Poin pendataan salah satunya luasan kios, hal ini berkaitan dengan biaya retribusi yang nantinya ditanggung oleh pedagang.

"Untuk besaran kios kan pasti berbeda-beda. Mulai Rp 150 ribu," ucapnya.

Terkait ketakutan pedagang yang kehilangan konsumen, pihak Disprindag sedang menyiapkan mekanisme dan strategi untuk solusinya.

"Nanti kan ada alur konsumen. Kebetulan ini lagi pandemi Covid-19, jadi memang alur masuk dan keluar (konsumen) kami atur. Gimana caranya konsumen bisa masuk ke tempat mereka dulu," jelasnya.

Revitalisasi Pasar Ciputat sudah sejak beberapa tahun lalu diwacanakan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Namun kendala anggaran yang mencapai Rp 250 miliar membuat revitalisasi tertunda.(Sp)