Rio se- Kecamatan Bathin II Pelayang Tolak Penambangan Emas Ilegal

Akibat penambangan emas ilegal, kualitas air Sungai Batang Tebo menjadi buruk

Rio se- Kecamatan Bathin II Pelayang Tolak Penambangan Emas Ilegal
Pertemuan Rio se-Bathin II Pelayang. (Ita)

JAMBI - Rio (kepala desa) se-Kecamatan Bathin II Pelayang, Bungo, Jambi menolak aktifitas penambangan emas tanpa izin (Peti) di hulu Sungai Batang Tebo yang berada di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

Penolakan aktifitas Peti tersebut dituangkan dalam penandatanganan bersama pakta integritas di depan Camat Bathin II Pelayang, Marwilisman.

Marwilisman mengatakan, pencemaran akibat aktifitas tersebut bukan hanya sepanjang aliran sungai Batang Tebo, namun sungai yang berada di wilayah Bathin II Pelayang pun mulai tidak jernih lagi.

“Dengan itu kami berkomitmen bersama seluruh Rio dan BPD se-kecamatan Pelayang menyatakan sikap untuk penolakan aktifitas peti di sepanjang aliran Sungai Batang Tebo, termasuk sungai yang ada di kecamatan Bathin II Pelayang,” tegasnya, Selasa (9/6/2020).

Marwilis menambahkan, Bupati Bungo dan Wakil Bupati Bungo juga telah menegaskan agar pejabat kecamatan dan desa jangan sampai turut terlibat dalam aktifitas Peti tersebut.

“Hasil dari kesepakatan ini akan disampaikan ke Pak Bupati beserta instansi lainnya, bahwasanya perangkat desa dari kecamatan Bathin II Pelayang menolak adanya Peti,” ucapnya.

Sementara itu Aprizal selaku Rio Dusun Peninjau ingin aktifitas Peti dihentikan. Sebab akibatnya bisa merusak lingkungan sangat parah.

Buangan limbah aktifitas Peti di hulu sungai tersebut membuat masyarakat sekitar tidak bisa memanfaatkan air sungai yang biasanya untuk mencuci pakaian, mandi hingga air minum.

"Kami berharap kepada aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Bungo agar dapat menindak pelaku Peti dengan seadil-adilnya," tandasnya. (Ita)