RS Khusus Covid-19 Simprug Juga Layani Ibu Hamil dan Hemodialisasi

Seluruh ruangan di rumah sakit darurat Simprug ini dilengkapi negative pressure dan filter HEPA

RS Khusus Covid-19 Simprug Juga Layani Ibu Hamil dan Hemodialisasi
Pembangunan RS Pertamina Covid-19 Simprug. (Ist)

JAKARTA - Rumah Sakit khusus penanganan Covid-19 di Simprug, Jakarta Selatan, sudah mulai beroperasi. Ini merupakan rumah sakit darurat Covid-19 itu merupakan extension dari Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, rumah sakit tersebut juga menangani pasien ibu hamil yang positif Covid-19. Adanya ruang bersalin juga menjadi salah satu kelebihan RSPP Extention ini. 

"Jika ada ibu hamil positif Covid-19 mau melahirkan, kami menerima dan dapat menanganinya dengan baik. Bahkan setelah melahirkan, bayinya juga tetap dapat berada dekat dengan ibunya," ujar Nicke dalam ketenangan persnya, Jumat (12/6/2020).

RSPP extention ini juga mempunyai fasilitas tambahan, yakni instalasi Hemodialisasi (terapi cuci darah) untuk para pasien Covid-19.

Rumah sakit seluas 22.700 meter persegi ini berkapasitas 300 tempat tidur yang terdiri dari 240 tempat tidur non-ICU, 31 tempat tidur ICU, 19 tempat tidur HCU, dan 10 tempat tidur IGD

Rumah sakit juga dilengkapi beberapa fasilitas pendukung berstandar seperti layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang operasi, ruang laboratorium, radiologi (CT Scan dan X-Ray), instalasi Farmasi, instalasi gizi, ruang central sterilisasi, ruang laundry, dan ruang pemulasaraan jenazah.

"Seluruh ruangan di rumah sakit darurat Simprug ini dilengkapi negative pressure dan filter HEPA. Sehingga udara yang dilepaskan keluar rumah sakit tetap aman untuk lingkungan,” jelasnya.

Ia berharap fasilitas ini bisa membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 sehingga angka positif pun akan berkurang.(Sp)