RSUP Fatmawati Pastikan 35 Karyawannya Positif Covid-19

Penanganan dan tracing sudah dilakukan terkait temuan ini

RSUP Fatmawati Pastikan 35 Karyawannya Positif Covid-19
Ilustrasi

JAKARTA - Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan mengkonfirmasi bahwa ada 35 karyawannya yang positif terpapar Covid-19. Hal ini setelah dilakukan rapid dan swab test massal di sana.

"Sejak 18 Maret 2020 sampai 7 Agustus 2020 telah dilakukan rapid test terhadap 1.118 karyawan dan swab kepada 189 karyawan," ujar Direktur Utama RSUP Fatmawati Mochammad Syafak Hanung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/8/2020).

Dari temuan 35 kasus positif tersebut, pihak RSUP telah melakukan tracing di bawah koordinasi Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (KPPI). "Langsung menindaklanjuti dengan tracing atau telusuri penyebab terpaparnya karyawan yang bersangkutan," ucapnya.

Menurutnya, pihak RSUP Fatmawati melakukan swab test kepada karyawan yang berpotensi terpapar Covid-19.  RSUP Fatmawati selalu melakukan screening, baik kepada pengunjung maupun karyawan.

"Terhadap khususnya karyawan rumah sakit, rutin dilakukan screening dengan mengisi formulir self assesment," katanya.

Selain itu, pihak rumah sakit juga memberikan edukasi tentang tata cara memakai dan melepaskan alat pelindung diri (APD). Pelayanan di RSUP Fatmawati pun tetap berjalan normal.

"Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, tentunya kami manajemen telah membuat kebijakan-kebijakan internal dengan merujuk pada pedoman/panduan/prosedur sesuai dengan protokol kesehatan agar tidak ada penularan/transmisi bagi pasien, pengunjung dan karyawan rumah sakit," tandasnya.(Sp)