Sterilisasi, Ini 19 Pasar di Jakarta yang Ditutup Sementara

Saran dari ahli setelah sterilisasi masih harus menunggu tiga hari

Sterilisasi, Ini 19 Pasar di Jakarta yang Ditutup Sementara
Pasar Pondok Labu ditutup sementara untuk sterilisasi. (Ist)

JAKARTA - Perumda Pasar Jaya memutuskan untuk menutup sementara 19 pasar tradisional yang berada di bawahnya. Hal ini setelah keluarnya hasil swab yang menyatakan 52 pedagang positif covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasruddin saat melakukan konferensi pers virtual dengan wartawan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/6/2020).

"Yang diketemukan hasil (positif) itu ada enam pasar. Totalnya terpapar sebanyak 52 orang. Selebihnya yang 10 pasar masih menunggu hasil, tiga pasar dinyatakan negatif dari pengecekan," ungkapnya.

Berdasarkan itu, pihaknya telah menutup sementara 19 pasar tersebut selama tiga hari. Penutupan dilakukan untuk penyemprotan disinfektan di area pasar. 

Awalnya, lanjut Arief, pihaknya hanya melakukan penutupan sejumlah pasar dalam waktu 1x24 jam saja. Namun setelah berkoordinasi dengan para ahli, masa penutupan diperpanjang untuk sterilisasi pasar dari virus corona.

"Kemarin ini serentak semuanya ditutup selama tiga hari karena memang setelah dianalisa oleh pendapat ahli, setelah penyemprotan itu butuh tiga hari untuk ditutup," katanya.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area perdagangan Pasar Senen, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di tempat keramaian.

Berikut 19 pasar di Jakarta yang ditutup sementara terkait corona Covid-19, Untuk di Jakarta Pusat ada Pasar Gondangdia, Pasar Petojo Enclek, Pasar Serdang dan Pasar Rawasari.

Jakarta Utara ada Pasar Lontar dan Pasar Kelapa Gading. Jakarta Barat yaitu Pasar Tomang Barat, Pasar Slipi serta Pasar Palmerah. Untuk Jakarta Timur Pasar Cijantung, Pasar Ciracas, Pasar Perumnas Klender dan UPB Induk Kramat Jati.

Jakarta Selatan wilayah paling banyak yang pasarnya ditutup yakni Pasar Pesanggrahan, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Pondok Labu, Pasar Warung Buncit, Pasar Minggu, serta Pasar Lenteng Agung.(Sp)