Tak Digaji 4 Bulan, Karyawan PT BDMU Mengadu ke Disnakertrans Bungo

Selain gaji PT BDMU juga belum bayarkan THR tahun 2020, iuran BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

Tak Digaji 4 Bulan, Karyawan PT BDMU Mengadu ke Disnakertrans Bungo
Karyawan PT BDMU tuntut hak gaji dan THR yang belum dibayar perusahaan

JAMBI - Belasan karyawan PT Bungo Dani Mandiri Utama (BDMU) yang merupakan BUMD Kabupaten Bungo mendatangi kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bungo, Rabu (01/07/2020).

Mereka mengadukan terkait belum dibayarkannya hak gaji selama empat bulan dan THR oleh PT Bungo Dani Mandiri Utama. "Selain itu, Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2020 dan iuran BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan juga belum dibayarkan. Makanya kami ke sini mau minta keadilan," ungkap Ading Sandiko, salah satu karyawan PT BDMU.

Ading menjelaskan, pada tanggal 08 Juni 2020, Direktur Utama PT BDMU mengadakan rapat dengan karyawan dan mengambil keputusan untuk membayar honor karyawan sebesar Rp. 1.000.000. Hal ini bertentangan dengan Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 Pasal 90, yang menegaskan bahwa Pengusaha dilarang membayar Upah lebih rendah dari ketentuan Pemerintah (Upah Minimum sebagaimana dimaksud dalam pasal 89 ). 

"Maka kami selaku Pekerja berhak untuk meminta agar dipenuhi hak-hak kami serta kejelasan status kami saat ini, dan sisa jam kerja kami. Dengan belum dibayarnya upah sesuai ketentuan yang berlaku, kami mengalami kerugian baik materi maupun immateril," ujarnya.

Lebih lanjut Ading berharap Disnakertrans Bungo bisa segera memproses pengaduan ini dan melakukan tindakan. "Kami berharap Disnakertrans bisa membantu kami dalam menyelesaikan permasalahan ini," harapnya.

Sementara itu, Kabid Ketenagakerjaan Disnakertrans Bungo, Santos Samosir membenarkan, terkait adanya laporan karyawan PT BDMU.

"Benar, hari ini kita telah menerima laporan dari karyawan PT BDMU, terkait laporan tersebut. Kita akan pelajari dan akan kita tindak lanjuti, dan selanjutnya akan kita panggil pihak perusahaan untuk kita lakukan mediasi atas kedua belah pihak," tandasnya.(Ita)